Kamis, 28 Maret 2024

BMKG Prakirakan Sejumlah Wilayah Jatim Turun Hujan Hari Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang sesaat akan terjadi di sejumlah wilayah Jawa Timur hari ini, Rabu (29/3/2023).

Dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, BMKG memprediksi pada pagi hari cuaca tersebut akan turun di wilayah Magetan, Trenggalek, Kota Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Kemudian siang-sore hari meluas di wilayah Surabaya, Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Nganjuk, Kab. Madiun, Ngawi, Magetan, Pacitan, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Sumenep.

Keadaan itu diprakirakan berlanjut pada malam hari untuk wilayah Kab. Pasuruan dan Kab. Probolinggo.

Sementara pada Kamis (30/3/2023) dini hari di wilayah Kab. Blitar dan Sumenep.

Suhu udara hari ini berada di kisaran 15 – 34 °C, kelembapan udara 65-100 persen, dan angin dominan dari barat-barat daya dengan kecepatan 05-30 km/jam.

Selanjutnya untuk prakiraan kondisi cuaca maritim di sebagian wilayah perairan Jawa Timur, hari ini berpotensi terjadi hujan intensitas ringan hingga sedang.

BMKG Maritim Jatim memperkirakan ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,1-0,3 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0,2-0,5 meter dan Samudra Hindia selatan Jatim antara 1,0-2,5 meter.

Arah angin perairan Jatim didominasi dari barat – barat laut, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 13 knots (24 km/jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 11 knots (20 km/jam).(dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs