Jumat, 3 Mei 2024

Cuaca Jatim: Nganjuk hingga Situbondo Hujan, Surabaya Raya Cerah Seharian

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim) berpotensi turun hujan, Kamis (2/11/2023) hari ini.

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Nganjuk, Ngawi, Magetan, Trenggalek, Kabupaten Malang, Kota Batu, Lumajang, Jember dan Situbondo pada siang sampai sore hari.

Sedangkan pada malam hari, hujan diprakirakan hanya mengguyur Kabupaten Pasuruan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir.

Sementara itu, untuk Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik) belum ada potensi turun hujan pada hari ini.

Suhu udara di Jatim, hari ini berkisar 13-36 derajat celcius dengan kelembapan udara mencapai 45-100 persen. Angin dominan berhembus dari Tenggara ke Timur dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

BMKG Juanda juga mengeluarkan peringatan dini 3 hari untuk wilayah Jawa Timur sebagai berikut:

Peringatan dini 3 harian Jawa Timur periode 2-4 November 2023. Foto: BMKG

Sementara itu di wilayah perairan Jatim, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya memprakirakan kondisinya secara umum berpotensi hujan ringan di sebagian besar wilayah.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 18 knots (33 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 23 knots (43 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.25 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.8-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.5 meter. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs