Minggu, 28 April 2024

Cuaca Sebagian Jatim Berpotensi Hujan, Surabaya Masih Cerah Berawan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah berawan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah Jawa Timur (Jatim) kembali berpotensi turun hujan, Sabtu (4/11/2023) hari ini.

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan diprakirakan berintensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat, pada siang hingga malam hari.

Pada siang sampai sore, wilayah yang turun hujan yakni Bojonegoro, Kabupaten dan Kota Madiun, Ngawi, Blitar, Kota Malang, Kabupaten Probolinggo dan Bangkalan. Sedangkan pada malam hari, hujan diprakirakan mengguyur Kabupaten Nganjuk dan Pasuruan.

Sementara itu, untuk Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Sidoarjo), cuacanya diprakirakan hanya cerah hingga berawan. Masih belum ada potensi turun hujan.

Suhu udara Jatim, hari ini berkisar 16 hingga 36 derajat Celcius, dengan kelembapan udara 40-95 persen. Angin dominan berhembus dari Timur mengarah ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam.

Adapun untuk wilayah perairan Jatim, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan secara umum kondisi cuacanya berawan terjadi di sebagian besar wilayah.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan di Laut Jawa bagian timur 13 knots (24 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 18 knots (37 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.3 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8-2.0 meter. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs