Senin, 29 April 2024

Dinkes Kota Madiun Rutin Gelar VCT Bergerak Guna Deteksi Dini HIV/AIDS

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas Puskesmas Demangan menggelar skrining VCT bergerak di beberapa kafe dan tempat hiburan malam di wilayah puskesmas setempat sebagai upaya deteksi dini kasus HIV/AIDS. Foto: Antara

Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Madiun, Jawa Timur rutin menggelar kegiatan VCT bergerak atau mobile “voluntary counselling and testing” (VCT) di beberapa lokasi dengan menyasar kelompok berisiko sebagai upaya deteksi dini kasus HIV/AIDS di wilayah setempat.

Melansir dari Antara, petugas Puskesmas Demangan telah menggelar pengecekan di beberapa kafe dan hiburan malam yang membuahkan hasil 61 orang dinyatakan negatif.

“Tugas kami adalah sebagai pelaksana. Tujuannya adalah untuk penemuan kelompok orang yang berisiko terinfeksi HIV/AIDS. Selanjutnya kami intervensi untuk tes lanjutan, pemberian pendampingan, dan juga pengobatan,” ujar Puspitasari Kepala Puskesmas Demangan, di Madiun, Jumat (10/3/2023).

Tri Wahyuning Novitasari Subkoordinator Pengelolaan Pelayanan Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Madiun mengatakan, VCT bergerak secara rutin dilakukan tim jajarannya sebagai upaya deteksi dini pada populasi kunci atau masyarakat yang rentan.

“Sasarannya seperti wanita pekerja seks (WPS), waria, lelaki seks dengan lelaki (LSL), dan pengguna napza suntik (penasun). Selain itu juga, menyasar warga binaan pemasyarakatan yang ada di lapas. Memang kegiatan ini harus rutin dilakukan,” kata dia.

Dalam satu tahun, pihaknya melakukan VCT bergerak dengan sasaran populasi kunci minimal dua hingga tiga kali pengecekan.

Sejauh ini, seluruh pihak yang menjadi sasaran pengecekan cukup kooperatif.

“Mereka sangat kooperatif memeriksakan karyawannya. Bahkan ada yang sampai minta untuk dilakukan pemeriksaan. Dengan kesadaran tinggi ini, harapannya bisa mengurangi risiko penularan,” kata dia.

Upaya itu, kata dia, untuk menekan kasus penularan HIV/AIDS di Kota Madiun.(ant/abd/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs