Selasa, 14 Mei 2024

Gubernur Larang ASN Pemprov Jatim Mudik Pakai Mobil Dinas

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu berada di Gedung Negara Grahadi, Selasa (11/4/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menegaskan bahwa aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi Jawa Timur dilarang memakai mobil dinas untuk mudik lebaran Idulfitri nanti.

“Kalau urusan pribadi, ya (pakai mobil) pribadi. Kalau mudik itu kan pribadi,” kata Khofifah waktu ditemui di Gedung Negara Grahadi, Selasa (11/4/2023).

Meski secara tegas dilarang, aturan resmi dalam bentuk Surat Edaran (SE) tidak diterbitkan Gubernur. Khofifah melanjutkan, kendaraan dinas hanya boleh dipakai ASN saat menjalankan tugas meskipun tugasnya saat lebaran, maka dibolehkan.

Sebab masih ada sejumlah dinas provinsi Jatim yang masih bertugas di momen lebaran nanti. Misalnya Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan.

“Misal di musim lebaran masih ada tugas, ya boleh. Misalnya Dinas Perhubungan, itu gak ada cutinya. Dinas Kesehatan itu gak ada cutinya. Itu dalam rangka mudik, tapi dalam rangka tugas,” kata dia.

“Kita bukan pada cutinya (memberlakukan larangan kendaraan dinas) tapi dalam rangka apa. Kalau semua (diberlakukan) dalam rangka tugas, kalau dinas perhubungan saat cuti bersama bagaimana? Dinas kesehatan juga,” imbuh Gubernur Jatim itu.

Khofifah kembali mengingatkan bahwa memakai kendaraan dinas di saat tidak bertugas merupakan larangan yang harus ditaati oleh para ASN se-Jatim.

Meski demikian, Khofifah tidak menyampaikan sanksi bagi ASN yang masih nekat memakai mobil dinas untuk mudik lebaran.

Namun, pelarangan mobil dinas untuk mudik bisa merujuk pada Peraturan Gubernur (Pergub) Jatim Nomor 38 Tahun 2012 tentang Tata Cara Penggunaan Kendaraan Dinas di lingkungan Pemprov Jatim.(wld/ihz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
25o
Kurs