Selasa, 30 April 2024

IKN Nusantara Diproyeksikan sebagai Model Pertanian Berkualitas

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto: Antara Maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto: Antara

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan, pertanian di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara harus menjadi model pertanian dalam pemenuhan pangan berkualitas bagi masyarakat.

“Pertanian Ibu Kota Nusantara harus menjadi model pertanian yang terbaik dalam pemenuhan pangan berkualitas bagi masyarakat dengan tetap menjaga keseimbangan ekologi,” kata Setia P. Lenggono Pelaksana Tugas Direktur Ketahanan Pangan Otorita IKN dilansir Antara, Selasa (14/11/2023).

Dia mengatakan, salah satu bentuk inisiasi OIKN terhadap sektor pertanian tersebut dan juga menjamin kelangsungan petani ibu kota yakni melalui rembuk tani. Rembuk tani dilaksanakan dalam upaya mengakselerasi pengembangan pertanian berkelanjutan dan kesejahteraan petani di IKN

Sebanyak 25 petani perwakilan dari empat kecamatan di wilayah Ibu Kota Nusantara mengadakan Rembuk Petani Ibu Kota di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Kegiatan rembuk tani ini merupakan inisiasi dari petani dan diselenggarakan oleh Direktorat Ketahanan Pangan Kedeputian Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN.

Rembuk Petani Ibu Kota tersebut menghasilkan kesepakatan untuk menyusun kelompok kerja petani ibu kota yang akan bertugas untuk merumuskan kelembagaan petani ibu kota.

Kemudian menyusun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) dan program kerja usaha tani yang selaras dengan alam. Selain merekomendasikan dilakukannya pendataan secara partisipatif keberadaan petani di IKN.

Direkomendasikan juga terkait lahan dan potensi produksi pertanian dengan lebih akurat sebagai basis pengembangan kemandirian pangan yang lebih baik ke depannya. (ant/feb/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs