Rabu, 8 Mei 2024

Jaringan Listrik Normal Lagi Usai Terdampak Lahar Dingin Semeru

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jaringan listrik di Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro kembali menyala setelah dilakukan perbaikan jaringan listrik oleh PLN, Sabtu (8/7/2023) malam. Foto: PLN Jatim.

PT PLN (Persero) berhasil memulihkan 100 persen jaringan listrik di wilayah yang terdampak lahar dingin Gunung Semeru, di Desa Tumpeng, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim).

Alhamdulillah lebih cepat dari perkiraan. Berkat kolaborasi dan dukungan penuh dari Gubernur Jatim, Forkopimda Lumajang, hingga masyarakat, PLN berhasil memulihkan 100 persen pasokan listrik di wilayah terdampak banjir bandang,” kata Lasiran General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jatim dilansir Antara, Minggu (9/7/2023).

Dia menjelaskan, sebanyak 134 gardu distribusi yang menyuplai 34.783 pelanggan telah beroperasi kembali. Sebelumnya, 78 personel gabungan yang dilengkapi dengan crane diterjunkan untuk memulihkan jaringan listrik di wilayah terdampak banjir lahar dingin Semeru.

“Kami tetap mengimbau masyarakat agar waspada dan melaporkan potensi bahaya kelistrikan setelah banjir lahar dingin Semeru. Agar dipastikan instalasi di rumah kering dan aman untuk dinyalakan kembali,” katanya.

Sebelumnya, banjir lahar dingin Semeru menyebabkan jembatan Kalimujur jebol. Selain itu juga mengakibatkan enam buah tiang Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) hanyut dan patah tersapu banjir bandang lahar dingin Gunung Semeru. (ant/saf/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs