Senin, 29 April 2024

Kasus Kanker Nasofaring Tinggi, Pakar: Perlu Deteksi Dini dan Peningkatan Faskes

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Achmad Chusnu Romdhoni Guru Besar Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) saat berada di Gedung Rektorat Unair, pada Selasa (17/10/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net Achmad Chusnu Romdhoni Guru Besar Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) saat berada di Gedung Rektorat Unair, pada Selasa (17/10/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Achmad Chusnu Romdhoni Guru Besar Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) mengungkapkan, angka kejadian penyakit Kanker nasofaring (KNF) di dunia mencapai 130.000 kasus baru dengan 80.000 kematian pada 2020.

KNF sendiri, merupakan penyakit yang muncul pada daerah nasofaring, sebuah area yang cukup tersembunyi yang terletak di atas tenggorok dan di belakang hidung. Penyakit itu ditandai dengan adanya gejala hidung, telinga, leher, dan neurologis atau saraf.

Penyebab utama dari penyakit tersebut, diantaranya faktor genetik, faktor agent berupa infeksi laten dini dan reaktivasi oleh Epstein-barr Virus (EBV), dan faktor lingkungan berupa paparan terhadap bahan karsinogenik atau pemicu KNF seperti nitrosamin.

“Penyakit ini berdampak pada produktivitas penduduk, keadaan ekonomi penderita dan keluarganya, hingga menjadi beban dalam pembiayaan kesehatan negara,” ucapnya pada Konferensi Pers Pra Pengukuhan Guru Besar di Gedung Rektorat Unair, pada Selasa (17/10/2023).

Ia mengatakan, terdapat dua masalah utama yang terjadi pada KNF di Indonesia, yaitu keterlambatan diagnosis dan keterbatasan fasilitas kesehatan.

“Keterlambatan diagnosis menyebabkan pasien sering datang pada stadium lanjut, yang berpotensi menurunkan kualitas dan harapan hidup,” tuturnya.

Faktor yang berkontribusi pada keterlambatan diagnosis, yakni kurangnya wawasan dan kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit dan gejala dini KNF, penolakan untuk dilakukan pemeriksaan, serta tidak patuh dalam prosesnya.

Sementara itu, keterbatasan fasilitas kesehatan, menyebabkan terapi tidak dapat berjalan dengan maksimal. Ia menyebut, angka kejadian penyakit yang tinggi tidak diimbangi dengan sarana dan prasarana penunjang radioterapi yang memadai.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ia mengusulkan beberapa langkah, yaitu pertama, dengan meningkatkan wawasan dan kewaspadaan masyarakat terkait gejala dini KNF dan himbauan untuk segera mencari bantuan atau mendatangi pelayanan kesehatan.

Kedua, meningkatkan efektivitas deteksi dini di fasilitas kesehatan tingkat I, serta mensosialisasikan tindak lanjut yang harus dilakukan oleh tenaga medis apabila mendapati kecurigaan terhadap KNF.

Ketiga, membuat cancer registry baik terkait kanker kepala leher maupun kanker secara umum.

Serta keempat, melakukan advokasi kepada stakeholder yang berwenang, untuk melakukan analisis geospasial terkait KNF dan mendorong pengembangan pusat pelayanan kanker berdasarkan hasil analisis tersebut.

“Langkah-langkah tersebut, tentunya akan bisa berjalan dengan baik apabila mendapat dukungan yang besar dari seluruh pihak, mulai dari masyarakat, tenaga medis, hingga pemerintah sebagai pemangku kebijakan,” pungkasnya.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs