Sabtu, 20 April 2024

Menhub Apresiasi Keandalan Petugas Kawal Arus Mudik Lebaran

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan. Foto: Antara

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) menyampaikan apresiasi keandalan petugas gabungan lintas sektoral, dalam mengawal kelancaran arus mudik Lebaran Idulfitri 2023 dengan segala risiko dan tantangan yang dihadapi.

Mengutip laporan Antara, hal tersebut disampaikannya saat meninjau pelayanan dan memimpin rapat koordinasi pantauan mudik Lebaran di Terminal Tipe A, Alang-alang Lebar, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (29/4/2023) hari ini.

“Apresiasi mereka (petugas gabungan) se-Indonesia, khususnya insan Perhubungan yang bersedia sepenuh hati sampai tidak tidur dalam beberapa saat ini, semoga kita dapat menyelesaikan tugas,” kata Menhub.

Dia menjelaskan, secara nasional melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri atas Kemenhbub, TNI-Polri, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Para personel tersebut disebar menempati 2.787 pos. Rinciannya, 1.857 Pos Pengamanan yang berfungsi untuk pusat informasi, dan rekayasa arus lalu lintas.

Kemudian, 713 Pos Pelayanan yang berfungsi untuk tempat istirahat pengemudi, manajemen area istirahat (rest area), pelayanan kesehatan, dan berbagai layanan lainnya.

“Kerja keras ratusan ribu petugas gabungan tersebut sangatlah dibutuhkan, demi menunjang kelancaran arus mudik dan arus balik lebaran yang memang meningkat ketimbang setahun sebelumnya,” ujarnya.

Adapun, Kemenhub mencatat pergerakan sebanyak 123,8 juta orang pemudik tahun ini, sementara setahun sebelumnya tercatat sebanyak 85,5 juta pemudik untuk lalu lintas darat, kereta api, pesawat dan kapal laut.

“Jadi sebagaimana instruksi Presiden kita berupaya menciptakan mudik Lebaran 2023 aman dan terkesan. Bertugaslah sepenuh hati melayani masyarakat, dan jalankan fungsi koordinasi secara baik karena arus balik bakal berlangsung hingga 1 Mei 2023,” pungkasnya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs