Kamis, 28 Maret 2024

Pameran Busana UC Angkat Isu Limbah hingga Kesetaraan Gender

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Karya busana yang dipamerkan oleh mahasiswa Prodi Fashion Product Design and Business Fakultas Industri Kreatif Universitas Ciputra (UC) Surabaya dalam tugas akhir. Foto: UC

Prodi Fashion Product Design and Business Fakultas Industri Kreatif Universitas Ciputra (UC) Surabaya, menggelar pameran dan fashion show tugas akhir bertajuk Fashionology. Acara ini berlangsung di Linear Atrium Ciputra World Surabaya pada 2-4 Juni 2023.

Dalam pagelaran karya busana itu, mahasiswa yang menjalankan tugas akhir mengusung beberapa isu. Mulai dari masalah limbah di dunia fashion, isu sosial gender equality, hingga isu lokal seperti pelestarian budaya.

Yoanita Tahalele dosen pembimbing tugas akhir dan event menyatakan, tema yang diusung mahasiswa tersebut sesuai dengan penelitian yang dilakukan terhadap masalah sosial yang ada di masyarakat.

Produk yang dihasilkan oleh mahasiswa UC tersebut dirancang untuk menjawab dan memberikan solusi terhadap masalah-masalah tersebut.

“Ada tiga hal yang perlu diperhatikan mahasiswa. Yakni konsep desain yang dapat menjawab tantangan dan permasalah yang ada, kreativitas dan inovasi desain, serta sisi komersial atau bisnis dari produk yang diciptakan,” ucapnya dalam keterangan yang diterima, Minggu (4/6/2023).

Pameran karya yang menampilkan berbagai model pakaian, mulai dari pakaian kerja, pakaian ready to wear, pakaian anak-anak, hingga gaun pesta itu, mempunyai misi agar lulusan UC mampu menjadi venture creator serta value creator.

“Kami berharap bahwa kami mampu mendidik mahasiswa agar dapat menciptakan peluang usaha baru, serta menggunakan pola pikir wirausaha di dalam menciptakan suatu nilai dan makna dalam lingkungan kerja mereka kelak,” ujarnya.

Sementara itu, Audrey Gabriella salah satu mahasiswa yang memamerkan tugas akhir, mengangkat konsep sustainable fashion. Caranya dengan memanfaatkan limbah kulit sisa produksi.

“Ini merupakan upaya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh industri kecil dan menengah di bidang aksesoris kulit atas limbah sisa produksi yang dihasilkan,” ucapnya.

Karyanya itu mengolah limbah leather dengan menggunakan teknik anyaman bermotif houndstooth. Sehingga menjadinya sebagai produk pakaian yang bernilai komersial tinggi.

Kegiatan tersebut melibatkan 100 mahasiswa dari semester 8, 6 dan juga 4. Sebanyak 46 mahasiswa semester 8 terlibat dalam pameran dan peragaan busana yang menampilkan karya tugas akhir.

Sdangkan 54 lainnya berasal dari semester 4 dan 6 yang menjadi panitia penyelenggara dalam rangkaian acara tesebut. (ris/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs