Selasa, 14 Mei 2024

Pemprov Jatim Terapkan Aplikasi Sistem Informasi Rumah ASN

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim (kiri) bersama Aries Agung Paewae PJ Wali Kota Batu (tengah) dan Bima Haria Wibisana Plt Kepala BKN (kanan) usai seremoni penyerahan "BKN Award 2023" di Surabaya, Kamis (8/6/2023) malam. Foto: Antara

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pempov Jatim) menerapkan pelayanan menggunakan aplikasi “Sistem Informasi Rumah Aparatur Sipil Negara (ASN)”.

“Kami memang mendorong ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Jatim untuk terus berinovasi demi memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim dalam keterangannya di Surabaya, Jumat (9/6/2023) dikutip Antara.

Pernyataan tersebut disampaikan Khofifah usai seremoni penyerahan 39 penghargaan “BKN Award” yang diraih Pemerintah Provinsi beserta sejumlah Kabupaten/Kota se-Jatim di Surabaya, Kamis (8/6/2023) malam.

Indah Wahyuni Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim menjelaskan, aplikasi Sistem Informasi Rumah ASN dibuat untuk menjawab beberapa permasalahan terkait pengelolaan atau manajemen kepegawaian, dan hubungannya dengan masyarakat di lingkungan Pemprov maupun kabupaten/ kota.

“Apalagi, sekarang kita sudah paperless, sehingga inilah yang sedang kita bangun,” katanya.

Yuyun sapaan akrabnya mencontohkan, Sistem Informasi Rumah ASN bisa menjawab pertanyaan pegawai di lingkungan Pemprov maupun kabupaten/kota di Jatim, yang sedang menelusuri Surat Keputusan (SK) penugasan atau pemindahannya sudah sampai mana.

“Kalau dulu kerap kali seorang ASN bertanya, SK saya sudah sampai mana? Sekarang tidak perlu bertanya-tanya lagi, karena bisa menelusuri sendiri lewat Sistem Informasi Rumah ASN,” ujarnya.

Melalui aplikasi itu, lanjut Yuyun, ASN di Jatim tidak perlu datang ke Kota Surabaya untuk mengurus keperluannya atau sekadar berkonsultasi.

“Teman-teman di daerah bisa berkonsultasi lewat Sistem Informasi Rumah ASN. Dengan begitu aplikasi ini juga membangun efisiensi,” katanya.

Yuyun mengatakan keberadaan aplikasi Sistem Informasi Rumah ASN juga mendorong para pegawai di lingkungan BKD Provinsi Jatim untuk bisa memberikan penjelasan lebih detail dan lugas kepada masyarakat.

“Belajar melatih bagaimana ASN di lingkungan BKD Pemprov Jatim bisa memberi pelayanan lebih baik. Khususnya untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait manajemen ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Jatim,” ujarnya.

Selanjutnya, kepuasan dari masyarakat saat menerima penjelasan atau pemberian materi dari ASN di BKD Jatim setiap bulannya akan dinilai.

“Berdasarkan penilaian masyarakat itu, kami akan tetapkan pegawai terbaik dengan memberikan penghargaan setiap bulan agar setiap ASN di BKD Jatim terpacu untuk bisa berbuat lebih baik dalam memberikan pelayanan,” ucapnya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
32o
Kurs