Rabu, 24 April 2024

Qatar Terus Upayakan Gencatan Senjata di Jalur Gaza

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Warga Palestina berjalan di atas puing-puing bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel di daerah El-Remal di Kota Gaza pada 9 Oktober 2023. Foto: APAimages/WAFA

Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Qatar mengatakan pihaknya masih terus mengupayakan gencatan senjata di Jalur Gaza.

Dia mengatakan baik dialog dengan Israel maupun kelompok perlawanan Hamas terus dilakukan, karena menurutnya hal tersebut jadi cara terbaik menangani konflik paling kompleks.

“Sejarah telah mengajarkan kita bahwa dialog adalah cara terbaik untuk menghadapi konflik paling kompleks jika ada kemauan dan kepemimpinan politik yang bijaksana,” kata Al Thani dalam pidatonya pada pembukaan Forum Doha ke-21 di ibu kota Qatar, dikutip Antara dari kantor berita resmi QNA, Minggu (10/12/2023).

Pernyataan itu sekaligus dia sampaikan untuk mengkritik standar ganda masyarakat internasional, karena gagal menghentikan serangan Israel terhadap wilayah kantong yang terkepung itu, yang juga kian memperlebar kesenjangan antara wilayah barat dan timur.

“Krisis yang terjadi di Gaza saat ini dengan jelas menunjukkan kesenjangan antara (wilayah) timur dan barat, dan antar generasi berturut-turut, serta adanya standar ganda komunitas internasional,” ucapnya.

Diketahui, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani membuka Forum Doha yang berlangsung selama dua hari itu. Forum ini dihadiri oleh kepala negara, pemerintahan, dan organisasi regional dan internasional, termasuk Antonio Guterres Sekretaris Jenderal PBB.

Forum yang bertema “Membangun Masa Depan Bersama” ini membahas berbagai krisis, terutama perkembangan situasi di Gaza.

Qatar bersama Mesir dan AS sebelumnya memimpin mediasi selama perang Israel yang telah berlangsung sejak 7 Oktober 2023. Mediasi Qatar berhasil menghasilkan kesepakatan jeda kemanusiaan yang berlangsung selama sepekan hingga 1 Desember. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs