Senin, 29 April 2024

Tingkatkan Mutu Prodi, 50 Perguruan Tinggi di Jatim Jalani Bimtek Lam Infokom di Untag Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Perguruan Tinggi di Jawa Timur mengikuti bimtek Lam Infokom di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya untuk meningkatkan kompetensi Prodi. Foto: Untag Surabaya

Sebanyak 50 perguruan tinggi di Jawa Timur menjalani Bimbingan Teknik (Bimtek) dalam penyusunan dokumen akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Informasi dan Komputer (Lam Infokom) terkait Prodi Informatika dan Komputer di Lingkungan Layanan Lembaga Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur, pada 6-7 Oktober 2023.

Sri Hartati Ketua Dewan Eksekutif Lam Infokom mengatakan, pembinaan teknis itu dilakukan karena dari sekitar 2200 prodi di Indonesia, hanya sepertiga yang memenuhi posisi standar nasional.

“Hal ini menjadi keprihatinan Lam Infokom, sehingga mengadakan program pembinaan prodi untuk wilayah LLDIKTI di seluruh Indonesia, termasuk saat ini LLDIKTI VII Jawa Timur, agar mereka dapat memahami instrumen-instrumen akreditasi,” ucapnya pada Minggu (8/10/2023).

Wanita yang juga asesor bimtek itu berharap, pembinaan tersebut dapat memberikan manfaat secara maksimal bagi prodi untuk lebih bagus lagi ke depannya.

Dyah Sawitri kepala LLDIKTI Wilayah VII Jatim menambahkan, bahwa pendidikan memiliki tujuan untuk menyejahterakan masyarakat, sehingga kualitas pendidikan juga harus bagus.

“Hal ini dapat diwujudkan melalui pencapaian kompetensi-kompetensi oleh program studi pada seluruh perguruan tinggi di Indonesia,” tuturnya

Dalam kesempatan itu, Mulyanto Nugroho Rektor Untag Surabaya mengatakan bahwa mutu yang tinggi akan membentuk proses belajar yang baik.

“Mutu adalah yang utama, terutama dalam konteks akreditasi. Oleh karena itu, melalui bimtek ini, mari bersama-sama kita membangun mutu dan proses belajar yg baik,” ucapnya.

Sementara itu, Supangat ketua prodi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Untag Surabaya, terus berkomitmen untuk meraih akreditasi yang bagus.

“Calon mahasiswa saat ini sering menanyakan tentang akreditasi jurusan, yang selalu menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah. Kita terus berkomitmen dalam upaya mencapai akreditasi menuju baik sekali meraih unggul,” ucapnya.

“Mari bersama-sama berkolaborasi, bertukar informasi, dan meningkatkan prestasi prodi kita. Semoga kita semua dapat menuju baik sekali meraih unggul,” imbuhnya.

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan bimtek itu, Sistekin Untag Surabaya menjadi ruan rumah. Sedangkan untuk materi, mencakup materi standar dan SPMI, paparan kriteria A-C9, serta penyusunan kriteria A-C9 dengan didampingi oleh asesor dari Lam Infokom. (ris/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs