Jumat, 17 Mei 2024

TNI AL Jelaskan Kronologi Dua Bus yang Menerobos Perlintasan KA di Malang

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Salah satu dari dua bus TNI AL menerobos perlintasan kereta api berpalang pintu di Malang, sehingga membuat kereta yang akan lewat melambatkan lajunya. Foto: twitter @sahabat_kereta

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya mengakui bahwa dua bus yang menerobol perlintasan kereta api (KA) di Malang, Jawa Timur yang viral di media sosial Kamis (4/5/2023) kemarin berasal dari pihaknya.

Letkol Laut Agus Setiawan Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal V Surabaya menyampaikan, bus itu dipakai untuk menjemput sekitar 40 calon siswa di Bandara Juanda.

“Terkait dengan video viral di media sosial beberapa hari lalu, terkait dengan penerobosan bus TNI AL di lintasan KA di Malang, dapat kami sampaikan bahwa bus tersebut memang punya AL,” kata Agus saat ditemui di Mako Lantamal V Surabaya, Jumat (5/5/2023).

Terkait kronologi, Agus menjelaskan, setelah menjemput calon siswa dari bandara Juanda, dua bus itu melanjutkan perjalanan menuju Lembaga Penyediaan Tenaga TNI Angkatan Laut (Lapetal) Malang via tol.

Sesampainya di Jalan Kolonel Sugiono, Malang, tepatnya di Pos JPL 78 dekat Stasiun Malang Kota Lama, dua bus itu sempat berhenti karena ada kereta pengangkut BBM melintas.

Setelah kereta pengangkut BBM itu melintas, Agus menyebut, di depan dua bus ini ada sepeda motor yang menerobos perlintasan KA. Dua bus ini pun ikut melaju.

“Setelah kereta Pertamina lewat, karena tidak ada palang pintunya sepeda motor itu maju. Kemudian bus ikut maju, ternyata setelah kereta BBM itu (lewat), masih ada kereta yang akan lewat lokomotifnya,“ jelasnya.

Beruntungnya dua bus itu tidak sampai menabrak KA atau merusak palang pintu perlintasan itu karena menerobos. Sebab masih ada cukup ruang di seberang jalur bus.

Meski demikian, Lantamal V mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi tersebut. Sehingga pihaknya bisa segera memeriksa dua sopir bus itu dan melakukan evaluasi kepada prajurit Lantamal V.

“Dengan adanya kejadian itu akan menjadi bahan evaluasi bagi kami khususnya terkait dengan pembinaan prajurit Lantamal V. Kami akan ingatkan prajurit khususnya yang bertugas di luar agar lebih mengutamakan keamanan pribadi dan kemanan masyarakat serta tetap tertib dalam berlalu lintas,” pungkasnya.(wld/dfn/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
30o
Kurs