Rabu, 1 Mei 2024

Video Promosi Wisata Jatim Dominasi Pemenang APPI 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penyerahan penghargaan langsung oleh Sandiaga Salahudin Uno Menparekraf kepada Hudiyono Kepala Disbudpar mewakili Gubernur Jatim, di Jakarta, Senin (17/7/2023. Foto: Pemprov Jatim

Jawa Timur (Jatim) mendominasi raihan prestasi dalam ajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Jatim mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dalam lomba video kreatif Bangga Berwisata di Indonesia Saja atau BBWI kategori provinsi.

Untuk tema Destinasi Wisata, Jatim menempati posisi pertama di atas Sumatra Barat, Kepulauan Riau, DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Pada tema Event Daerah, Jatim juga berada di puncak posisi pertama di atas Kepulauan Riau, Bali, Jawa Tengah dan Sumatra Barat.

Sedangkan untuk tema kuliner, di posisi tiga di bawah Kalimantan Tengah dan Bali serta di atas Riau dan Maluku.

Alhamdulillah Jawa Timur mendominasi perolehan penghargaan APPI 2023. BBWI. Kita lihat dari sisi digitalnya, ada juga lomba video pendek, dan penayangan dari beberapa wisata desa dan wilayah. Tentu hal ini sangat bagus untuk saling bisa mempromosikan wisata alam, budaya hingga kuliner Jawa Timur secara luas,” kata Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, dalam keterangannya, Rabu (19/7/2023).

Penghargaan diberikan langsung Sandiaga Salahudin Uno Menparekraf kepada Hudiyono Kepala Disbudpar mewakili Gubernur Jatim, di Jakarta, Senin (17/7/2023) malam.

Hudiyono mengatakan promosi pariwisata secara digital melalui video kreatif menjadi sebuah kebutuhan, terlebih di era digital.

“Hampir setiap orang memegang gawai dengan akses jaringan internet. Melihat media sosial dan berselancar di dunia maya. Dengan konsep video kreatif promosi pariwisata yang menarik dan sinematik, tentu akan memanjakan mata yang melihat. Efeknya, bisa menggugah selera untuk mencoba berwisata di Jawa Timur,” jelasnya.

Karya video kreatif BBWI Jawa Timur, kata Hudiyono, murni dibuat dan dikerjakan para staf Disbudpar Jatim.

“Mereka anak-anak muda kreatif yang mencari ide, berdiskusi dan memproduksi video hingga proses penyuntingan gambar dan penanyangan. Hasilnya juga sangat keren, seperti teaser film bioskop. Semua bisa dilihat di media sosial Instagram dan YouTube Disbudpar Jatim,” ungkapnya.

Sandiaga Uno Menparekraf juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kreativitas pemerintah daerah dalam mempromosikan destinasi wisata daerah.

“Terutama destinasi wisata, event daerah yang sudah masuk KEN (Karisma Event Nusantara) atau belum, seni budaya yang sangat beragam hingga kuliner yang sangat unik dan menarik,” tuturnya.

Menurutnya, potensi industri pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki kemampuan enam kali lipat dalam menciptakan lapangan kerja dibanding sektor lain.

“Di sektor parekraf ini mampu bertahan karena tangguh dengan kreativitas dan imajinasi dari para pelakunya. Pemerintah harus memberikan ruang agar mereka anak-anak muda yang kreatif mampu menciptakan terobosan,” ujarnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI itu juga berharap inovasi dan kreativitas dari pemerintah daerah bisa terus ditingkatkan untuk mendukung target 1,4 miliar kunjungan wisata, dan 4,4 juta lapangan kerja dari sektor parekraf di tahun 2024 mendatang. (bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
27o
Kurs