Selasa, 18 Juni 2024

356 Masyarakat Ikut Arus Balik Gratis dengan Kapal Perang TNI AL dari Surabaya ke Jakarta

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Masyarakat saat memasuki kapal perang TNI AL dalam arus balik gratis di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya, Sabtu (13/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 356 masyarakat mengikuti arus balik gratis menggunakan Kapal Perang TNI AL jenis KRI Banda Aceh 593 di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya pada Sabtu (13/4/2024).

Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya mengatakan, dalam pemberangkatan arus balik itu, kapal perang TNI AL juga mengangkut sebanyak 72 sepeda motor dari Surabaya.

“Ini merupakan arahan dari bapak staf angkatan laut, pimpinan tinggi angkatan laut, dalam rangka program mudik dan arus balik gratis menggunakan kapal perang,” katanya saat ditemui suarasurabaya.net di dalam Kapal KRI Banda Aceh-593 seusai meninjau kapal dan masyarakat.

Kapal perang tersebut, nantinya akan terlebih dahulu bersandar di Semarang untuk mengangkut juga masyarakat yang akan balik ke Jakarta dari Semarang.

Ia menyebut, dari Semarang nanti akan ada tambahan 462 masyarakat yang ikut balik ke Jakarta, sehingga total penumpang arus balik ke Jakarta menjadi 818 orang.

Selain itu, ada juga tambahan 102 sepeda motor dari Semarang yang akan diangkut menuju Jakarta menggunakan kapal TNI AL tersebut, sehingga total sepeda motor yang akan turun di Jakarta, ada 177 unit.

“Program ini merupakan program yang sangat baik, untuk membantu para pemudik bisa ketemu keluarganya di daerah masing-masing,” katanya.

Masyarakat saat menunggu kapal perang TNI AL berangkat dalam arus balik menuju Jakarta, Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya, Sabtu (13/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Mudik hingga arus balik, kata dia, merupakan upaya TNI AL dalam berpartisipasi dan membantu masyarakat di momentum Lebaran.

“Juga bertujuan untuk membantu para pemudik dan membantu mengurangi kemacetan di jalan,” tuturnya.

Ia menyebut waktu yang ditempuh selama pelayaran di laut itu butuh waktu sehari untuk sampai di Semarang, dan baru akan sampai di Jakarta lusa, Senin (15/4/2024) mendatang.

Selain itu Joni juga mengatakan bahwa TNI AL sudah menyiapkan kebutuhan logistik selama masa pelayaran arus balik. Masyarakat di dalam kapal, akan mendapat makan gratis tiga kali dalam sehari.

“Kemudian juga memberikan hiburan, ada hiburan untuk musik untuk penumpang,” bebernya.

Seperti diketahui, selain arus balik, sebelumnya TNI AL juga telah mengantarkan masyarakat dalam arus mudik rute Jakarta – Semarang – Surabaya. Total ada 1026 orang dan 276 unit kendaraan sepeda motor dalam masa perjalanan 5-7 April 2024. (ris)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
28o
Kurs