Senin, 6 Mei 2024

Akhir Pekan, Sebagian Wilayah Jatim Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: PIxabay

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di sebagian wilayah Jawa Timur (Jatim) hujan lebat seharian ini, Minggu (20/4/2024).

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

Hujan lebat pada pagi hari ini diprakirakan mengguyur wilayah Mojokerto, Lamongan, Trenggalek, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Bangkalan dan Pamekasan.

Kemudian pada siang hingga sore hari, hujan lebat berpotensi membasahi wilayah Mojokerto, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupatem/Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten/Kota Blitar, Kota Kediri, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Pasuruan, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Sementara pada malam hari hujan masih akan berlanjut mengguyur wilayah Banyuwangi.

Kemudian cuaca pada dini hari nanti diprakirakan cerah, berawan, berkabut dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 15 hingga 34 derajat Celsius, dengan kelembapan udara antara 60 hingga 100 persen. Angin dominan berhembus dari arah timur ke timur laut dengan kecepatan antara lima hingga 30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Tanjung Perak Surabaya memprakirakan potensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah perairan Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari timur ke tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 14 knots atau 26 km/jam dan di Samudera Hindia Selatan Jatim sebesar 20 knot atau 37 kilometer per jam.

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,1-0,8 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0,3-0,8 meter, dan di Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0,8-2,3 meter. (ike/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs