Minggu, 28 April 2024

AS Ragu Tujuan Israel Lenyapkan Hamas Bisa Tercapai

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Antony Blinken Menteri Luar Negeri AS. Foto: Antara/Reuters

Amerika Serikat (AS) mulai meragukan tujuan perang Israel untuk memusnahkan sepenuhnya kelompok perlawanan Hamas di Gaza, Palestina, bisa tercapai.

Hal tersebut disampaikan Antony Blinken Menteri Luar Negeri (Menlu) AS kepada para pejabat Israel dalam kunjungannya di Tel Aviv, Rabu (11/1/2024) waktu setempat.

Dilansir Antara dari kantor berita Anadolu, dalam pertemuan dengan Kabinet Keamanan Israel, Blinken menyampaikan permintaan AS untuk menerapkan solusi dua negara sebagai tujuan pascaperang Gaza.

“Seperti halnya Israel yang mempunyai aspirasi, Palestina juga mempunyai aspirasi, dan Israel harus menerimanya,” kata Blinken kepada para menteri kabinet, menurut laporan tersebut.

Blinken tiba di Israel pada, Senin (8/1/2024), yang merupakan kunjungan keempatnya sejak perang Gaza pecah Oktober lalu.

Lawatan tersebut adalah bagian dari tur kawasan yang telah dimulai pekan lalu di Turki. Dia juga berkunjung ke Tepi Barat di Palestina, Arab Saudi, Yordania, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

Para pejabat senior Israel mengatakan kepada media tersebut bahwa pesan Blinken adalah “jika solusi dua negara tidak dipertimbangkan sebagai sebuah tujuan, Israel tidak akan maju secara politik, bahkan dalam upaya normalisasi dengan Arab Saudi.”

Sementara sejak dimulainya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober 2023, Israel telah berulang kali mengatakan bahwa mereka bertekad untuk memusnahkan Hamas.

Imbas serangan Israel di Jalur Gaza telah merengut lebih dari 23.000 korban jiwa dari warga Palestina. Kebanyakan dari mereka adalah perempuan dan anak-anak, dan melukai sekitar 60.000 orang lainnya. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs