Rabu, 1 Mei 2024

Cuaca Lebaran Hari Kedua di Sebagian Jatim Berpotensi Hujan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi hujan di kota besar. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim) hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada Kamis (11/4/2024) hari ini.

Berdasarkan data yang diterima suarasurabaya.net, hujan lebat diprakirakan akan mengguyur sejumlah kota di Jawa Timur hari ini.

Hujan lebat pada pagi hari diprakirakan membasahi wilayah Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kota Blitar, Kediri, Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

Kemudian hujan lebat pada siang hingga sore hari diprakirakan mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Bojonegoro, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kota Blitar, Kediri, Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 16 hingga 32 derajat celsius. Dengan kelembapan udara antara 60 hingga 100 persen. Angin dominan dari barat – barat laut dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga memprakirakan kondisi perairan Jawa Timur secara umum berpotensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah.

Arah angin didominasi dari arah Utara ke Timur dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 13 knots (24 km/jam), dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 14 knot (26 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.3-0.8 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 0.8-2.0 meter. (sya/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
31o
Kurs