Kamis, 18 April 2024

Kasal Sematkan Brevet Kehormatan Kopaska kepada Delapan Perwira Tinggi TNI AL

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staff Angkatan Laut (Kasal) saat berada di Markas Komando Pusat Kopaska, Surabaya, Minggu (25/2/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) menyematkan brevet kehormatan Komando Pasukan Katak (Kopaska) kepada delapan perwira tinggi TNI Angkatan Laut (AL) di Markas Komando Pusat Kopaska, Surabaya, Minggu (25/2/2024).

Kasal mengatakan, penyematan itu merupakan bentuk penghargaan tertinggi dari Kopaska TNI AL terhadap personel yang dinilai telah memberikan dharma bakti dan sumbangsih berupa pikiran, tenaga, dukungan, rasa simpati dan moril untuk kemajuan Kopaska TNI AL.

“Penyematan ini dalam rangka memberikan penghargaan atas jasa-jasa para perwira tinggi tersebut dalam membantu dan mengembangkan organisasi komando pasukan katak,” katanya kepada awak media seusai seremoni penyematan brevet kehormatan Kopaska.

Dengan capaian tersebut, ia ingin agar Kopaska ke depan dapat melaksanakan tugas lebih baik dan menjadi pasukan elit TNI AL yang disegani, baik oleh kawan maupun lawan.

Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staff Angkatan Laut (Kasal) menyalami perwira tinggi TNI Angkatan Laut (AL) seusai menyematkan brevet kehormatan Komando Pasukan Katak (Kopaska) di Markas Komando Pusat Kopaska, Surabaya, Minggu (25/2/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ke depan, pasukan khusus tersebut juga diharapkan bisa menyiapkan alutsista terkait kegiatan pasukan khusus. Serta bisa mempersiapkan dengan baik jika ada penambahan peralatan seperti Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB), combat boat hingga peralatan selam dan senjata perorangan.

“Sementara ini, sudah kita bangun combat boat yang full armor. Jadi anti peluru, tahan terhadap senjata kaliber 7,62 dan sudah kita sebarkan untuk ditugaskan di daerah operasi,” ujarnya.

Hal itu, kata dia, seiring dengan tantangan tugas ke depan untuk melaksanakan berbagai latihan, baik multilateral maupun bilateral.

“Dan kita tahu bahwa pasukan-pasukan khusus kita, baik itu Kopaska maupun Yontaifib dan Denjaka itu sudah kelasnya internasional, sudah world class navy,” katanya.

TNI AL foto bersama seusai seremoni penyematan brevet kehormatan Komando Pasukan Katak (Kopaska) kepada delapan perwira tinggi TNI Angkatan Laut (AL) di Markas Komando Pusat Kopaska, Surabaya, Minggu (25/2/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Seperti diketahui, delapan Kopaska tersebut yakni, Laksamana Muda TNI Edwin Asisten Perencanaan (Asrena) Kasal, Laksamana Muda TNI Yayan Sofyan Asisten Operasi (Asops) Kasal, Laksamana Muda TNI P. Rahmad Wahyud Asisten Personel (Aspers), Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I, Laksamana Muda TNI Hersan Pangkoarmada III.

Selain itu, ada juga Laksamana Muda TNI Sisyani Jaffar Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal), Laksamana Muda TNI Rachmad Jauadi PA. Sahli TK. III Bidang Banusia Panglima TNI, dan Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo PA. Sahli TK. III Bidang Polkamnas Panglima TNI.(ris/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs