Jumat, 3 Mei 2024

Wamenag Perkirakan Idulfitri Jatuh pada Rabu

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Saiful Rahmat Dasuki Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI (kiri) bersama Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal (kanan) dalam Konferensi Pers terkait penyelenggaraan peribadatan Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (9/4/2024). Foto: Antara

Saiful Rahmat Dasuki Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI memperkirakan Idulfitri 1445 Hijriah akan jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024.

Perkiraan tersebut disampaikan Saiful berdasarkan ijtimak yang dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI yang mencatat kondisi ketinggian hilal berkisar antara 4 derajat 52,7 menit sampai 7 derajat 37,8 menit dan elongasi berkisar antara 8 derajat 23,68 sampai 10 derajat 12,94 menit.

Sedangkan, menurut kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura atau MABIMS, angka tersebut telah memenuhi kriteria visibilitas hilal atau imkanu rukyat dengan tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi sebesar 6,4 derajat.

“Jadi, diprediksi kita akan menyelenggarakan salat Idulfitri pada esok hari tanggal 10 April 2024, bertepatan dengan 1 Syawal 1445 Hijriah,” kata Wamenag dalam konferensi pers terkait penyelenggaraan ibadah Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa.

Meski demikian, seperti dikutip Antara, Wamenag mengatakan pemberitahuan resmi terkait penyelenggaraan Idulfitri baru akan diumumkan seusai sidang isbat yang bakal digelar malam nanti.

Adapun jika sidang isbat memutuskan Idulfitri digelar pada esok hari, ia menyebut sejumlah tokoh seperti Joko Widodo Presiden RI dan Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI bakal mengikuti shalat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta.

“Juga pejabat tinggi negara lainnya beserta para dubes negara-negara sahabat,” ujarnya.

Saat ini, kata Saiful, pihaknya sedang berkoordinasi lebih lanjut dengan Badan Pengelola Masjid Istiqlal terkait teknis shalat Id 1445 Hijriah.

Ia berharap ibadah Idulfitri 1445 Hijriah dapat berjalan dengan aman, nyaman, lancar, serta berjalan dengan penuh kekhidmatan. (ant/faz/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs