Kamis, 28 Maret 2024

Sejengkal Lagi, Sapwaturrahman Menuju Olimpiade 2020

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Sapwaturrahman Atlet lompat jauh Indonesia mengibarkan Bendera Merah Putih setelah berhasil memenangkan pertandingan Lompat Jauh Putra SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Sabtu (7/12/2019). Foto: Antara

Atlet lompat jauh putra Indonesia Sapwaturrahman hanya butuh “sejengkal” atau 20 cm lagi untuk bisa memastikan tiket tampil di Olimpiade 2020 Tokyo pada Juli 2020 mendatang.

Sapwa mengatakan, limit olimpiade pada nomor lompat jauh adalah 8,22 meter. Sedangkan lompatan terbaik Sapwa adalah 8,09 meter yang ia bukukan saat dia meraih perunggu di Asian Games 2018.

“Saya yakin kejar limit tampil di olimpiade. Limit olimpiade 8,22 meter, (lompatan terbaik) saya 8,09 meter, terakhir 8,03 meter. Intinya saya hanya butuh sejengkal lagi terpaut 20 cm kalau mau main aman,” ujar Sapwa seperti dilansir Antara pada Selasa (21/1/2020).

Demi mencapai target tersebut, Sapwa masih harus mengikuti beberapa kejuaraan yang masih akan berlangsung hingga Juni nanti. Terdekat, dia akan turun di ajang Kejuaraan Asia Atletik Indoor di Nanjing, China pada 12-13 Februari 2020 mendatang.

Ia bertekad mencetak sejarah menjadi perwakilan atlet dari cabang atletik yang pertama kalinya tampil di pesta olahraga terakbar di dunia itu bersama rekannya, Lalu Muhammad Zohri.

“Saya yakin kejar limit, tampil di olimpiade yakin. Intinya kan pengin cetak sejarah bersama coach di atletik karena di atletik belum pernah ada (tampil di olimpiade),” ujar pria berusia 25 tahun itu.

Hal senada juga disampaikan oleh pelatih lompat jauh Indonesia Arya Yuniawan Purwoko. Ia mengatakan, target lompatan sejauh 8,22 meter itu masih cukup realistis dicapai pada nomor lompat jauh hingga akhir kualifikasi olimpiade berakhir.

“Ya (realistis). Naik 50 cm atau turun 50 cm di lompat jauh itu hal yang wajar. Pada saat Asian Games 8,09 meter, habis itu 7 meter di Malaysia. Lalu langsung naik lagi ke 8,03 meter di SEA Games,” katanya.

Dengan teknik yang sudah mulai matang, Sapwa diharapkan dapat memperbaiki catatan lompatannya 8,03 meter di SEA Games 2019 ketika berlaga di Kejuaraan Asia Atletik Indoor di Nanjing, China nanti. (ant/bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
31o
Kurs