Kamis, 28 Maret 2024

Brazil Bawa Pulang Emas Olimpiade 2020 Setelah Tumbangkan Spanyol 2-1

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Selebrasi skuad Brazil setelah menang lawan Spanyol di partai final Olimpiade Tokyo 2020 untuk memerebutkan medali emas pada 7 Agustus 2021. Foto: Antara

Brazil berhak membawa pulang medali emas Olimpiade Tokyo 2020 setelah bersusah payah menumbangkan Spanyol dengan skor akhir 2-1 di partai puncak sepak bola putra, di Stadion International Yokohama, Jepang, Sabtu (7/8/2021).

Sesuai catatan laman resmi Olympics.com dikutip Antara, kedua tim bermain terbuka sejak awal pertandingan.

Spanyol nyaris mencetak gol pada menit ke-15 ketika Diego Carlos nyaris melakukan gol bunuh diri, sebelum disapu keluar oleh bek Brazil itu sendiri.

Brazil mendapat peluang emas mencetak gol lewat tendangan penalti pada menit ke-38. Video Assistant Referee (VAR) menunjukkan pelanggaran Unai Simon di kotak terlarang.

Richarlison yang menjadi eksekutor Brazil gagal menunaikan tugasnya setelah tendangannya masih melayang di atas mistar gawang Spanyol.

Brazil membuka skor menit-menit akhir babak pertama melalui tendangan voli Matheus Cunha dari jarak dekat setelah menerima umpan lambung Dani Alves.Tim Samba unggul 1-0 hingga turun minum.

Seusai jeda istirahat, kedua tim tetap bermain menyerang di babak kedua. Richarlison nyaris menggandakan keunggulan Brazil pada menit ke-51 saat bola tendangannya mengenai kiper Unai Simon, sebelum menghantam mistar gawang.

La Furia Roja berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-61. Berawal dari umpan silang Carlos Soler ke kotak penalti Brazil, bola langsung disambar Mikel Oyarzabal menjadi gol. Skor berubah 1-1.

Kedua tim berupaya menambah gol di sisa waktu yang ada. Namun, skor 1-1 bertahan hingga babak kedua berakhir dan laga harus berlanjut ke extra time.

Pada paruh pertama babak tambahan, tim Samba menggempur pertahanan Spanyol. Namun, rapatnya lini belakang Spanyol gagal ditembus Richarlison.

Sampai paruh pertama babak tambahan berakhir, tidak ada gol tambahan dari kedua tim.

Brazil mencetak gol kedua pada menit ke-109. Malcom menerima bola umpan lambung Antony di sisi kiri, sebelum membawa bola ke kotak penalti dan menendangnya masuk ke gawang Spanyol. Kedudukan menjadi 2-1.

Skor 2-1 untuk kemenangan Brazil bertahan hingga laga tuntas. Tim Samba keluar sebagai pemenang medali emas sepak bola putra Olimpiade Tokyo 2020.

Brazil pun sukses mempertahankan medali emas Olimpiade, setelah pada 2016 lalu juga berhasil keluar menjadi juara. Ini menjadi medali emas kedua bagi Brazil di cabang sepak bola putra Olimpiade sepanjang sejarah.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs