Rabu, 1 Februari 2023
Liga 1

Babak Pertama Imbang, Gol Cepat Persebaya Dibalas Penalti Kontroversial Madura United

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pemain Persebaya merayakan gol yang dicetak Bruno Moreira di menit kedua pada laga kontra Madura United, Senin (28/2/2022). Foto: Persebaya

Persebaya berjuang keras untuk mengamankan tiga poin di pekan ke-28 Liga 1 musim 2021/2022. Sempat unggul cepat atas Madura United, namun dapat disamakan di tengah babak pertama. 1-1 skor sementara babak pertama.

Persebaya tancap gas sejak menit awal. Belum genap pertandingan berusia dua menit, Bajol Ijo sudah memimpin pertandingan.

Bruno Moreira berhasil memanfaatkan bola hasil clearance pemain belakang Madura United yang kurang sempurna. Bola itu justru jatuh tepat di kaki gelandang asal Brasil tersebut. Tanpa banyak kontrol, Bruno melepaskan tendangan keras menyusur tanah dan gagal dihalau penjaga gawang Hong Jungnam. 1-0 Persebaya memimpin.

Madura United merespon dengan melakukan serangkaian serangan. Namun hingga pertandingan berjalan 20 menit tidak ada ancaman berarti.

Satu-satunya ancaman yang kemudian menjadi cikal bakal gol adalah pergerakan menusuk dari Fadilla Akbar ke dalam kotak penalti Persebaya. Ernando yang menyadari ancaman tersebut melakukan clearance pada bola. Namun justru wasit menunjuk titik putih tanda pelanggaran.

Mengutip laporan di laman resmi Persebaya, sempat terjadi perdebatan antara pemain Persebaya dengan Wasit. Namun keputusan tidak berubah. Alberto Goncalves yang mengeksekusi penalti di menit ke-27 membuat skor menjadi 1-1.

Skor imbang membuat kedua tim kembali bermain hati-hati tim berusaha untuk saling membongkar pertahanan. Namun hingga babak pertama usai belum ada gol tambahan. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum. (iss/ipg)

Berita Terkait