Kamis, 25 April 2024

Pemerintah akan Membangun Pusat Pelatihan Sepak Bola di IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Zainudin Amali Menpora (kiri) dan Mochamad Iriawan Ketum PSSI memberikan keterangan usai bertemu Jokowi Presiden, Rabu (3/8/2022), di Istana Kepresidenan Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Pemerintah Indonesia berencana membangun pusat pelatihan (training center) sepak bola, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Rencana itu disampaikan Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Rabu (3/8/2022), dalam pertemuan dengan Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), dan Mochamad Iriawan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), di Istana Merdeka, Jakarta.

Menurut Menpora, selain training center sepak bola, Pemerintah juga akan membangun berbagai fasilitas olahraga lengkap, baik fasilitas utama mau pun fasilitas pendukungnya.

“Bapak Presiden setelah melihat perkembangan sepak bola nasional makin baik. Tadi, Presiden memberikan arahan kepada saya dan Ketua Umum PSSI segera akan membangunkan training camp sepak bola lengkap, di Ibu Kota Nusantara,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pembangunan fasilitas olahraga berstandar internasional di IKN, kata Zainudin Amali, berkaitan dengan rencana pengajuan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

“Beberapa waktu yang lalu Presiden memberikan arahan kepada saya untuk mengajukan bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Dalam proposal itu sudah mencantumkan lokasi pelaksanaannya di IKN,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI menyambut gembira gagasan Jokowi Presiden membangun pusat pelatihan sepak bola di IKN.

Menurutnya, pusat pelatihan yang menggabungkan olahraga dengan ilmu pengetahuan akan berpengaruh pada peningkatan kekuatan Tim Nasional Sepak Bola Indonesia seperti harapan seluruh masyarakat.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia sampai sekarang belum memiliki tempat latihan tetap. Kondisi itu kadang menjadi persoalan dalam persiapan menghadapi pertandingan resmi.

Contohnya, Kamis (26/5/2022), skuad arahan Shin Tae-yong sempat batal latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, karena ada kesalahan komunikasi terkait jadwal penggunaan lapangan.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs