Kamis, 28 Maret 2024

Timnas Indonesia Menang 4-1 Lawan Timor Leste

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Evan Dimas pemain timnas Indonesia. Foto: PSSI

Tim nasional Indonesia berhasil membalikkan kedudukan untuk mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-1 pada laga persahabatan internasional FIFA di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam.

Menguti Antara, skuad Garuda sempat tertinggal terlebih dahulu setelah penyerang Timor Leste Paulo Freitas melesakkan gol pada babak pertama.

Indonesia lalu membalas dan akhirnya unggul berkat sumbangan gol Ricky Kambuaya, Pratama Arhan (penalti) dan bunuh diri dua pemain Timor Leste yakni Georgino Da Silva serta Filomeno Junior.

Pada pertandingan tersebut, Shin Tae-yong pelatih timnas Indonesia menurunkan pemain yang mayoritas jebolan Piala AFF 2020 sejak menit awal seperti Evan Dimas, Fachruddin Aryanto, Dedik Setiawan, Rachmat Irianto dan Irfan Jaya.

Dengan komposisi pemain seperti itu, Indonesia memberi tekanan demi tekanan kepada lawan, tetapi Timor Leste juga tampil menggigit.

Percobaan penyerang Dedik Setiawan sempat mengenai tiang gawang pada menit ke-22. Namun, sembilan menit kemudian, Timor Leste yang justru mampu membuka skor.

Pergerakan Paulo Freitas dari sisi kanan tak mampu diantisipasi oleh bek Indonesia. Paulo memenangkan duel dan menjebol gawang yang dikawal Syahrul Fadillah.

Timor Leste bahkan memiliki kesempatan menambah keunggulan melalui tendangan penalti pada menit ke-45+1. Akan tetapi, eksekusi Mouzinho mampu ditepis Syahrul. Skor 1-0 pun bertahan sampai laga memasuki turun minum.

Usai jeda, Shin Tae-yong memasukkan beberapa pemain cadangan termasuk Pratama Arhan, Ronaldo Joybera Kwateh dan Marselino Ferdinan.

Pergantian tersebut membuahkan hasil manis. Pada menit ke-65, Ronaldo Kwateh mengirimkan assist untuk diubah menjadi gol melalui tendangan kaki kiri Ricky Kambuaya.

Imbang 1-1, Indonesia meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya, bek Timor Leste yang panik menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak terlarang. Pratama Arhan maju sebagai algojo dan membawa Indonesia berbalik unggul 2-1 pada menit ke-73.

Empat menit kemudian, lemparan ke dalam jarak jauh Arhan tak sengaja diarahkan ke dalam gawang sendiri oleh kiper Timor Leste Georgino Da Silva. Indonesia semakin jauh, 3-1.

Timnas Indonesia yang semakin percaya diri akhirnya menutup laga dengan kemenangan 4-1, lagi-lagi karena bunuh diri pemain lawan. Kali ini, bek sekaligus kapten Timor Leste Filomeno Junior yang melakukannya.

Indonesia dan Timor Leste dijadwalkan dua kali bersua pada laga persahabatan di Bali. Laga berikutnya digelar pada Minggu (30/1/2022) juga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs