Minggu, 5 Mei 2024

Dikalahkan Filipina, Timnas U-16 Gagal Lolos Kualifikasi SEABA

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Timnas Basket Indonesia U-16 melawan Filipina dalam FIBA U-16 Asian Championship SEABA Qualifier, di GOT Kertajaya Surabaya, Rabu (19/7/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Timnas Basket Indonesia gagal mempersembahkan kemenangan dalam laga penentuan FIBA U-16 Asian Championship SEABA Qualifier setelah tumbang atas Timnas Filipina di GOR Kertajaya Surabaya, pada Rabu (19/7/2023) malam.

Di awal pertandingan pada kuarter pertama, skuad Garuda mampu unggul terlebih dahulu, yakni dengan melesakkan 21 poin, sedangkan Filipina memasukkan 16 poin.

Tetapi, beranjak ke kuarter dua, Indonesia hanya mampu mencatatkan 11 poin. Sedangkan Filipina menorehkan poin dua kali lipat lebih banyak, yakni 22, sehingga keunggulan berbalik untuk Filipina 38-32.

Di kuarter tiga, Indonesia mencatatkan 19 poin, torehan itu lebih sedikit dibandingkan Filipina yang berhasil memasukkan 27 poin. Sehingga skuad Gilas Pilipinelas memperlebar keunggulan menjadi 65-51.

Berada di kuarter akhir, Indonesia lebih menggencarkan serangan untuk mengejar ketertinggalan, tetapi 14 poin yang ditorehkan gagal menyalip Filipina yang meraih 11 poin di kuarter empat. Hasil tersebut, sekaligus menjadi kemenangan untuk Filipina 77-65.

Liem Filixs Pelatih Timnas Basket Indonesia U-16 menyatakan bahwa anak asuhnya hari ini telah berusaha maksimal, tetapi di laga penentuan ini menurutnya hasil yang didapat tidak beruntung.

“Hari ini anak-anak lebih bagus dari sebelumnya, sayang kita di awal lawan Thailand kalah. Sebenarnya kita sudah menahan untuk supaya skornya maksimal, supaya kalau kalah dua kalinya masih ada peluang, tapi belum beruntung kali ini, tapi kita tetap berusaha sampai titik terakhir, sampai waktu habis,” ucapnya.

Dengan hasil tersebut, Indonesia dipastikan gagal melaju ke babak utama. Sedangkan dua tim yang berhasil lolos babak kualifikasi yakni Filipina dan Malaysia.

Dalam pertandingan kali ini, Timnas Indonesia diperkuat oleh Lodewyk Jason Hendrawan, Efrael Yerusyalom Enrichia, I Ketut Bayu Prayoga Putra, Timothy Marvel Christiano, Riovaldo Renjiro Leonardy.

Selain itu, ada juga Matthew Owen Lee, Hosea Yedija Setiawan, Ingvar Abramovich Rusli, I Gede Bidiseka Sughania Dananjaya, I Gede Ngurah Putu Krisnanjaya, Gerrard Matthew Boentara, dan Stephen Sundinata.

Sedangkan Timnas Filipina, diperkuat oleh Elijah Mark Williams, Kiefer Louie Alas, Cletz David Amos, Edryn Morales, dan Bonn Ervin Daja.

Selain itu, ada juga Joaquin Gabriel Ludovice, Paul Cyron Diao, Irus Chua, Kurt Nathan Velasquez, Bryan Andrei Hachuela, Ziv Gabriel Espinas, dan Gian Azriel Gomez. (ris/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs