Senin, 29 April 2024

Turnamen Nusantara Open 2023 Segera Digelar, Menjaring Talenta Muda Sepak Bola

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI di Wisma Kemenpora RI Jakarta, Rabu (22/11/2023). Foto: Antara

Turnamen Nusantara Open 2023, ajang pembinaan talenta sepak bola muda akan segera digelar. Rencananya, turnamen yang diikuti 16 tim ini akan diselenggarakan pada 14 sampai 21 Desember mendatang di Kompleks Akademi Sepak Bola Garudayaksa, Cileungsi, Bogor.

Kompetisi ini juga ikut didukung oleh Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI).

“Tentunya didukung ya (penyelenggaraan Nusantara Open 2023). Apalagi Bapak Presiden kemarin sudah memerintahkan saya untuk mengajukan tuan rumah Piala Dunia U-17 dan juga U-20,” ucap Dito, Selasa (12/12/2023) seperti dilansir Antara.

Perlu diketahui, Nusantara Open U-17 2023 diprakarsai oleh Akademi Sepak Bola Garudayaksa untuk menjaring pemain bertalenta dan sudah mulai berlangsung sejak tahun 2022 lalu.

Fary Djemi Francis Ketua Organizing Committee Nusantara Open menuturkan, 16 tim yang mengikuti turnamen ini, terdiri dari sebelas tim elite pro academy (EPA) dan lima tim akademi.

“Pembukaan turnamen ini akan ditandai dengan pertandingan antara Persib Bandung melawan RANS Nusantara,” ujar Farry.

Nantinya para pemain berbakat yang melalui proses seleksi dengan mekanisme turnamen ini akan berkesempatan untuk dididik dan dikirimkan menuju Aspire Academy Qatar.

Lebih lanjut, turnamen Nusantara Open 2023 ini akan berlangsung dengan durasi 2×30 menit. Masing-masing tim dapat mendaftarkan pemain sebanyak 23 pemain ditambah lima ofisial. Kompetisi ini akan menggunakan sistem pergantian pemain sebanyak tiga slot dengan maksimal tujuh pemain.

16 tim yang akan bersaing di Nusantara Open edisi kedua ini di antaranya Persib Bandung, Rans Nusantara FC, Arema FC, Borneo FC Samarinda, Garudayaksa Academy, PSS Sleman, Bali United FC, PSLS Lhoukseumawe.

Selain itu, Persija Jakarta, Maluku Utara Selection, Bhayangkara Presisi Indonesia, PSM Makassar, ASIOP, Persis Solo, PSIM Semarang, serta Bintang Timur Atambua.

Masing-masing tim yang tersebar dalam empat grup akan bermain sebanyak tiga kali untuk memperebutkan rangking. Tim yang berada di rangking satu dan dua lanjut ke fase knockout pada babak delapan besar, semi final, hingga grand final. (ant/feb/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs