Rabu, 17 April 2024

Menpora Siap Dukung Game Kreasi Anak Bangsa Berjaya di Level Internasional

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga waktu mencoba salah satu game di salah satu booth Pekan Permainan dan Esport Nasional (Pepernas) di Wisma Kemenpora, Jakarta, Minggu (10/12/2023). Foto: Kemenpora

Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, pada Minggu (10/12/2023), melakukan kick-off Pekan Permainan dan Esport Nasional (Pepernas) di Wisma Kemenpora, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Menpora juga menyempatkan mengunjungi beberapa booth game dan berbincang-bincang bersama CEO Developernya, yakni dari Evermore Knights, Ghost Parade, Lokapala, Wardeka Battleground dan Battle of Guardian.

“Tadi saya sempat lihat langsung dan berdiskusi kepada CEO Developer. Jadi saya rasa semua game nasional ini akan bisa menjadi salah satu potensi ekonomi baru penopang untuk Indonesia,” kata Dito seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Menurutnya, di tengah gempuran game-game esport luar yang sudah terkenal, kita patut berbangga, hari ini kita sudah punya game lokal yang dikembangkan oleh anak-anak muda kreatif Indonesia.

Game dikembangkan dengan memperhatikan kearifan lokal yang kita punya. Contoh di sini ada game Lokapala, di mana Ksatria (Hero)nya pun diambil dari ksatria yang kita kenal,” ucapnya.

Menpora menekankan, bahwa game lokal harus lebih diperkenalkan lagi, dan harus lebih banyak dimainkan.

Game lokal kita, harus didukung penuh. Game lokal kita, di masa depan harus berjaya. Bukan tidak mungkin nantinya akan merambah kancah internasional,” sebutnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang diinisiasi oleh Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora ini, digelar selama dua hari ini sejak, Sabtu (9/12/2023) kemarin.

Lewat kegiatan ini, LPDUK Kemenpora hendak mendukung tumbuh berkembangnya game esport lokal sebagai bagian dari upaya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Neil El Himam Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produksi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang turut hadir, memberikan apresiasi kepada Kemenpora dan juga LPDUK atas dilaksanakannya Pepernas tersebut.

“Kami dari Kemenparekraf sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kemenpora yang telah menyelenggarakan Pepernas ini. Dengan diadakannya Pepernas ini tentunya ekosistem game sampai ekosistem esport bisa kita bentuk dan kita bangun secara bersama-sama,” ujarnya.

Dia mengatakan Kemenparekraf selalu mendorong agar bisa muncul lebih banyak game nasional yang dikembangkan developer lokal.

“Kami selalu mendorong dan berharap dengan adanya kegiatan seperti ini akan muncul lebih banyak lagi game nasional yang dipertandingkan di level nasional, maupun level daerah sehingga kita bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri,” lanjutnya. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
30o
Kurs