Selasa, 21 Mei 2024

Mengintip Skenario Munster: Berburu Legiun Asing yang Belum Pernah Merumput di Indonesia

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Paul Munster Pelatih Persebaya saat berada di Lapangan Thor Surabaya, Jumat (29/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Secara blak-blakan di hadapan belasan wartawan, Paul Munster mengatakan bahwa dirinya ingin merombak besar-besaran komposisi pemain Persebaya untuk musim 2024/2025.

Kontrak Munster bersama Persebaya masih akan berlangsung hingga musim depan. Setiap kali ditanya soal target, ia menegaskan bahwa dirinya ingin membawa tim asal Kota Pahlawan itu menempati posisi atas Liga 1.

Maklum, ia tidak puas dengan performa skuad Green Force musim lalu. Bersama Persebaya, ia hanya mampu finish di peringkat ke-12 dari total 18 Persebaya.

Munster didatangkan oleh Persebaya di pertengahan musim 2023/2024. Sialnya, saat itu ia tidak bisa mewujudkan keinginannya untuk menambah kekuatan, karena bursa transfer paruh musim sudah ditutup. Mau tidak mau, pilihan Munster hanya memutar otak lebih keras untuk mewujudkan tim yang ideal.

Bahkan dari ucapannya, baik dalam sesi konferensi pers maupun setelah memimpin latihan, ia berulang kali mengungkapkan keinginannya agar musim 2023/2024 cepat selesai.

Mungkin, Minggu, 28 April adalah hari yang paling melegakan baginya. Bagaimana tidak? Ia telah menyelesaikan sisa pertandingan Liga dengan happy ending, setelah sebelumnya ditampar tren negatif. Selain itu, ia juga akan segera memulai challenge baru musim depan.

“Musim depan akan menggelitik. Rencana untuk musim depan sudah berjalan. Manajemen juga sudah mendiskusikan musim depan,” katanya.

Pelatih berpaspor Irlandia Utara itu cenderung tertutup jika ditanya soal nama pemain untuk musim depan. Ia hanya melontarkan satu dua patah kata kepada awak media soal transfer pemain sabar dan tunggu.

Salah satu pos incarannya adalah kekuatan pemain asing. Munster menegaskan, bahwa dirinya ingin mempunyai pemain asing yang cerdas, berkualitas dan pekerja keras.

“Saya tidak suka pemain yang jalan-jalan. kamu harus lari. Harus punya teknik permainan yang bagus,” katanya.

“Tapi saya tidak akan menyebutkan nama (incaran),” imbuhnya.

Kendati demikian, ia membeberkan bahwa dirinya tengah menjajaki pemain asing yang belum pernah merumput di Indonesia. Ia mengaku, pemain asing yang berkiprah di Liga 1 saat ini memiliki kualitas bagus, hanya saja jumlahnya sedikit. Oleh karena itu, ia mencoba peruntungan baru dengan mencari pemain asing berwajah fresh di kompetisi tanah air.

“Tidak terlalu lama. Kami sudah berencana. Sabar untuk menunggu saat yang tepat bagi pemain masuk dan keluar,” ujarnya.

Hingga saat ini, Persebaya baru mengumumkan secara resmi satu pemain asing yang diperpanjang kontraknya, yakni Bruno Moreira. Pemain berposisi penyerang itu, akan berseragam Bajul Ijo hingga dua musim ke depan.

Sementara pemain asing lainnya, Dusan Stevanovic, Yan Victor, Robson Duarte dan Paulo Henrique, hingga saat ini tidak ada kabar. Beredar kabar di media sosial, keempat pemain asing itu kemungkinan besar tidak diperpanjang kontraknya.

Jika betul, maka Persebaya akan benar-benar tampil dengan komposisi yang segar untuk musim depan. Karena lima slot pemain asing lainnya, akan diisi dengan wajah baru.

“Yang pasti, perlahan-lahan segalanya akan mulai berubah untuk musim depan,” ucapnya.

Sedangkan untuk pemain lokal, Persebaya juga masih tertutup. Meskipun begitu, dalam momen tertentu, tim dengan warna kebesaran hijau itu, sering membawa beberapa pemain lokal ke event klub bersama warga Surabaya, seperti Andhika Ramadhani, Toni Firmansyah, hingga Catur Pamungkas. Sehingga, kemungkinan besar mereka akan tetap bertahan di klub kebangaan warga Surabaya.

Seperti diketahui, Paul Munster didatangkan oleh Persebaya di pertengahan musim 2023/2024, setelah sebelumnya Persebaya berpisah dengan dua pelatih lain, mereka yakni Aji Santoso dan Josep Gombau.(ris/man/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
26o
Kurs