Rabu, 1 Mei 2024

Real Madrid Kalahkan Manchester City dan Lolos Semifinal Liga Champions

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Selebrasi Antonio Rudiger dan Nacho Fernandez usai membawa Real Madrid mengalahkan Manchester City dan lolos semifinal Liga Champions. Foto: Independent

Real Madrid mengamankan tempat di semifinal Liga Champions 2023/24 setelah menang adu penalti 4-3 lawan Manchester City di Etihad Stadium, Kamis (18/4/2024) dini hari WIB.

Kedua tim bermain imbang 1-1 selama 90 menit ditambah ekstra time 2×15 menit, yang membuat laga harus berlanjut ke adu penalti.

Dilansir dari Antara, Real Madrid unggul lebih dulu lewat gol Rodrygo sebelum Kevin de Bruyne menyamakan kedudukan.

Dua penendang Manchester City gagal mencetak gol, sedangkan hanya satu penendang Madrid yang gagal, demikian laporan laman resmi UEFA.

Kemenangan ini mengantar Real Madrid ke babak semifinal Liga Champions 2023/24. Sang juara bertahan Man City harus tersingkir.

City langsung menguasai bola dan mencoba membongkar pertahanan Madrid, tetapi tim tamu justru bisa mencetak gol lebih dulu saat pertandingan berjalan 12 menit.

Bermula dari umpan Jude Bellingham kepada Federico Valverde di sisi kanan, ia kemudian memberikan bola ke Vinicius Junior yang menusuk dari sisi kanan dan melepaskan umpan silang.

Bola berhasil ditendang Rodrygo dan bisa ditepis Ederson. Namun, bola rebound kembali disambar pemain asal Brasil itu menjadi gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Real Madrid.

City berupaya membalas lima menit kemudian ketika umpan Bernardo Silva berhasil ditanduk Erling Haaland, tetapi bola masih melayang tipis di atas gawang Andriy Lunin.

Haaland mendapatkan peluang lagi pada menit ke-19. Kali ini sundulannya masih mengenai mistar dan bola rebound ditendang Bernardo Silva, tetapi masih melebar.

City terus menggempur Madrid untuk mendapatkan gol balasan. Kali ini tendangan De Bruyne pada menit ke-27 masih bisa ditepis Lunin.

Tidak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir. Real Madrid unggul 1-0.

Pada babak kedua, City langsung tancap gas dan mendapatkan peluang pada menit ke-47 lewat sepakan Grealish dari luar kotak penalti. Lunin masih bisa menepisnya.

Pada menit ke-51, Real Madrid nyaris kebobolan. Tendangan Haaland ke gawang kosong masih bisa cepat disapu Nacho.

Pelatih City, Pep Guardiola memasukkan Jeremy Doku pada menit ke-72 untuk menyegarkan lini serang timnya.

Pergantian itu membuahkan hasil ketika Doku mengawali gol penyeimbang City yang dicetak De Bruyne pada menit ke-76.

Tusukan Doku dari sisi kiri diakhiri dengan umpan silang yang coba dihalau Ruediger. Bola sapuannya justru mengarah ke De Bruyne di depan gawang.

Gelandang asal Belgia itu langsung menembak ke pojok atas untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Manchester City terus mendominasi penguasaan bola di sisa waktu babak kedua, tetapi skor 1-1 tidak berubah dan laga berlanjut ke babak extra time.

Sejumlah peluang tercipta di sepanjang 2×15 menit, tetapi tidak benar-benar mengancam. Skor 1-1 tidak berubah, laga berlanjut ke babak adu penalti.

Empat penendang Real Madrid, yakni Jude Bellingham, Lucas Vasquez, Nacho, dan Rudiger berhasil mencetak gol. Hanya tendangan Luka Modric yang bisa dihentikan oleh Ederson.

Sedangkan, dua penendang Manchester City yaitu Bernardo Silva dan Mateo Kovacic gagal mengecoh Andriy Lunin kiper Madrid.

Los Blancos menang 4-3 atas Man City pada babak adu penalti. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
26o
Kurs