Jumat, 14 Juni 2024

DPR Ingatkan Pemerintah Hati-Hati Keluarkan Kebijakan Ekonomi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia mengingatkan pemerintah agar berhati-hati mengeluarkan kebijakan ekonomi.

Ini disampaikan Setya Novanto Ketua DPR RI dalam pidato pembukaan masa persidangan I DPR RI tahun sidang 2015-2016, di Gedung Nusantara, komplek Parlemen, Jumat (14/8/2015).

Menurutnya, penyerapan APBN Pemerintah Pusat khususnya belanja Kementerian/Lembaga pada Semester I Tahun 2015 lebih rendah daripada tahun sebelumnya pada posisi yang sama, yaitu baru sebesar Rp208,5 triliun atau 26,2 persen.

“DPR mendorong agar Kementerian/Lembaga segera menyelesaikan dokumen anggaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) termasuk perubahan nomenklatur Kementerian/Lembaga serta segera merealisasikan proyek-proyek infrastruktur, sehingga penyerapan di Semester II Tahun 2015 akan semakin meningkat dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi,” ujar Setya.

Setya menambahkan, dalam situasi krisis ekonomi global yang terus bergolak, kebijakan ekonomi ke depan diharapkan lebih berhati-hati.

APBN Tahun Anggaran 2016 sebagai instrumen ekonomi nasional, diharapkan dapat berperan sebagai stabilisator untuk pembangunan.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
29o
Kurs