Sabtu, 4 Mei 2024

Wayangan Jelang Muktamar NU

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ki Enthus Susmono (kiri), bersama Kiai Said Aqil, Soekarwo dan Saifullah Yusuf. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Jelang Muktamar ke 33 yang akan digelar di Jombang pada bulan Agustus mendatang, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sabtu (14/3/2015) malam lakukan launching Sukses Muktamar yang digelar di gedung PWNU Jawa Timur.

Launching kali ini ditandai dengan pementasan wayang dengan dalang Ki Enthus Susmono dengan lakon “Nurkala Kalidasa”.

“Launching kali ini sekaligus untuk memetakan dan merumuskan secara final teknis Muktamar,” kata Saifullah Yusuf, Ketua Panitia Muktamar.

Saifullah Yusuf yang juga Wakil Gubernur Jawa Timur ini mengatakan, Muktamar nantinya akan diikuti oleh 3126 perwakilan Pengurus Cabang NU se Indonesia; lantas 231 perwakilan Pengurus Wilayah NU; 200 perwakilan Pengurus Besar NU; serta 200 peninjau. Selain itu, muktamar kali ini diperkirakan akan diikuti sekitar 50 ribu warga NU.

Di Jombang, Muktamar kali ini akan digelar di pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras; Darul Ulum, Peterongan; Mambaul Maarif, Denanyar; serta Pesantren Tebuireng.

Sementara itu, Launching kali ini setidaknya juga dihadiri oleh Kiai Said Aqil Siradj, Ketua Umum PBNU; Soekarwo Gubernur Jawa Timur; Irjen Polisi Anas Yusuf, Kapolda Jawa Timur; Mayjen TNI Eko Wiratmoko, Panglima Kodam V/Brawijaya; serta puluhan kiai dari beragam pesantren di Jawa Timur.

Ki Enthus sendiri dalam pementasan wayang kali ini menceritakan tentang kisah Prabu Kresna yang meminta Prabu Yudhistira mewujudkan perdamaian dunia dengan cara menemui betara guru di khayangan.

“Lakon ini setidaknya sejalan dengan upaya NU untuk mewujudkan Islam Nusantara dalam menjaga perdamaian dunia,” kata Ki Enthus. (fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs