Rabu, 8 Mei 2024

Kecewa Retorika Trump, Ratusan Ribu Perempuan Gelar Aksi di Washington DC

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Viva

Sekitar 500 ribu orang yang mayoritas perempuan menggelar aksi di Washington DC, Minggu (22/1/2017) waktu setempat. Namun tak hanya kaum perempuan yang ikut, laki-laki dan anak-anak juga terlihat hadir dalam aksi ini.

Aksi bertajuk Women Smart ini digelar atas dasar kekecewaan kaum perempuan atas retorika Donald Trump Presiden AS saat kampanye yang memojokkan kaum perempuan.

Patsy Widakuswara Jurnalis VOA melaporkan, aksi ini berawal dari kampanye di facebook yang dipicu retorika kampanye Trump yang merendahkan perempuan. Kemudian muncul gagasan di facebook hingga bergulir kesepakatan untuk menggelar aksi ini.

Bahkan artis seperti Madonna yang diharapkan Trump untuk hadir di pelantikannya malah ikut dalam aksi ini.

Aksi ini bukan hanya terjadi di area Washington DC saja, tapi juga digelar di 600 kota di Amerika Serikat dan di lebih dari 40 negara di dunia yang melakukan aksi solidaritas melawan penindasan perempuan.

Patsy mencontohkan, ada kelompok perempun yang menggunakan topi merah jambu telinga kucing. Ini sebagai simbol penolakan pernyataan Trump yang mereka nilai melecehkan perempuan.

Dari aksi ini dapat ditarik benang merah kalau semua orang harus diberlakukan sama. Dan aksi ini juga berpengaruh pada legitimasi untuk Amerika khususnya pada wakil rakyat saat ini. Apabila wakil rakyat tidak menghiraukan maka kubu oposisi akan jadi resisten atas kebijakan Trump.

Sampai saat ini masih belum diketahui bagaimana reaksi Trump akan aksi ini. Trump yang biasanya gemar berkomentar di twitter belum memberikan reaksinya atas aksi ini. (ana/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
33o
Kurs