Sabtu, 27 April 2024

Banyak Pendukung PKS dan 02 Inginkan Seluruh Koalisi Adil Makmur Jadi Oposisi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mardani Ali Sera politisi Partai Keadilan Sejahtera (kanan). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Mardani Ali Sera Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan kalau demokrasi akan sehat jika ada check and balance. Sehingga, makna oposisi jangan dibenturkan dengan sistem ketatanegaraan.

“Kami memaknai bahwa demokrasi itu akan sehat kalau selalu ada check and balance system, karena itu oposisi yang dimaksud di sini jangan dibenturkan teori-teori ketatanegaraan di sistem presidensial,”ujar Mardani yang juga anggota MPR fraksi PKS dalam diskusi empat pilar, Senin (1/7/2019).

Menurut Mardani, Partai Keadilan Sejahtera akan memutuskan melalui mekanisme musyawarah majelis syuro. Tetapi dia secara pribadi mendengar kalau pendukung PKS dan Prabowo-Sandi menginginkan Koalisi Adil Makmur tetap menjadi oposisi yang kritis dan membangun.

“Tetapi saya pribadi mendapat banyak masukan dari pendukung PKS dan pendukung Prabowo hendaklah seluruh koalisi 02 bertransformasi menjadi kekuatan oposisi yang kritis dan konstruktif. Saya pribadi sangat setuju untuk kesehatan demokrasi,” tegasnya.

“Biarkan pak Jokowi dengan 60% nya mendapat mandat 5 tahun, kita transformasi Koalisi Adil Makmur menjadi kekuatan penyeimbang yang mengontrol jalannya pemerintahan, tentu dalam ketatanegaraan kita ada eksekutif dan legislatif, di legislatif kita ada kekuatan controlling tapi controlling di legislatif berbeda ketika kita mencoba untuk menerapkan menjadi kekuatan penyeimbang bagi pemerintah,” imbuhnya.

Oleh karena itu, menurut Mardani, menjadi oposisi yang kritis dan konstruktif adalah pekerjaan mulia menjaga kepentingan publik. Akan menjadi sangat sehat bagi demokrasi ketika ada pemerintah yang efektif tetapi dikontrol oleh oposisi yang kritis dan konstruktif.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs