Kamis, 25 April 2024

MA-Mujiaman Mendaftar Besok, KPU Tidak Bisa Batasi Massa di Luar Tenda

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Machfud Arifin-Mujiaman, calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya. Foto : Istimewa

Nur Syamsi Ketua KPU Surabaya mengatakan, tidak akan mengurangi perlakuan dalam penerimaan pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya di hari terakhir. Penerapan protokol kesehatan ketat tetap diberlakukan di tenda penerimaan dokumen.

“Akan memberlakukan prosedur yang sama dengan kemarin, jadi orang yang ke KPU harus taat protokol kesehatan. Kalau perlakuannya berbeda maka akan salah,” ujar Syamsi kepada suarasurabaya.net, Sabtu (5/9/2020).

Syamsi bilang, penerapan protokol kesehatan itu sesuai Peraturan KPU (PKPU) No 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan Pilkada Serentak di masa pandemi Covid-19.

“Sebagaimana persiapan kemarin, tidak ada yang berbeda. Kita akan koordinasi dengan Polrestabes Surabaya, dengan Gugus Tugas untuk melakukan review atau assessment sebelum pelaksanaan pendaftaran besok,” ujarnya.

Terkait evaluasi terjadinya berjubelnya arak-arakan massa yang mengantarkan pasangan bakal calon Eri-Armuji di sekitar Gedung KPU Surabaya Jalan Adityawarman Jumat kemarin, Syamsi mengaku tidak berani mengevaluasi karena itu tidak dalam bagian lokasi pendaftaran.

“Saya tidak berani mengevaluasi di luar yang saya tahu. Sepanjang yang saya tahu, pada saat penerimaan dokumen di tenda utama itu cukup terjaga protokol kesehatan. Bahkan APD juga ditaati, ada yang lupa bawa kita kasih. Face shield kita berikan,” katanya.

Dia mengimbau agar seluruh peserta bakal calon, LO, maupun pendukung mentaati protokol kesehatan karena ini untuk menjaga diri sendiri dan orang lain agar tidak terpapar Covid-19.

“Kita semua tahu pelaksanaan pemilukada serentak di masa pandemi, mari sama-sama taat protokol kesehatan. Demi menjaga protokol diri sendiri dan untuk yang orang lain,” katanya.

Sekadar diketahui, KPU Surabaya telah menggelar pendaftara bakal calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Surabaya 2020. Di hari pertama pada Jumat 4 September kemarin, baru satu bakal pasangan calon yakni Eri Cahyadi-Armuji yang diusung PDI Perjuangan.

Proses pendaftaran Eri-Armuji menurut KPU berjalan lancar di tenda yang disiapkan KPU Surabaya. Tapi, massa pendukung sempat berjubel di gerbang KPU, karena banyak yang ingin masuk.

Sementara itu, Minggu 6 September merupakan hari terakhir jadwal pendaftaran. Pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman Sukirno bakal calon wali kota dan wakil wali kota dijadwalkan mendaftar ke KPU Surabaya. Rencananya sekitar pukul 14.30 WIB. Mereka juga diantarkan iring-iringan relawan mulai dari Sutos, berjalan kaki sampai di kantor KPU Surabaya.(bid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs