Selasa, 23 April 2024

Sempat Ikut Pendaftaran, Salah Satu Bacalon Sidoarjo Ternyata Positif Covid-19

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
M Iskak Ketua KPUD Sidoarjo saat memberikan keterangan di kantornya, Selasa (8/9/2020). Foto: Antara

Salah satu dari enam bakal calon yang berpasangan menjadi tiga bakal pasangan calon di Pilkada Sidoarjo dinyatakan terjangkit Covid-19. Yang bersangkutan sempat datang saat pendaftaran di Kantor KPU Sidoarjo.

Bakal calon bersangkutan sebenarnya sudah dinyatakan positif Covid-19 saat dirinya mendaftarkan diri ke KPU, tapi dia belum tahu karena hasil tesnya keluar bersamaan di hari pendaftaran.

Setelah hasil swab itu, bakal calon bersangkutan juga sudah menjalani dua kali tes usap lanjutan. Sampai yang ketiga kalinya, hasil swab dari RSUD dr Soetomo Surabaya menyatakan yang bersangkutan tetap positif Covid-19.

“Berdasarkan hasil swab tes yang diberikan oleh pihak rumah sakit, ada salah satu (bakal) calon yang hasilnya positif Covid-19,” kata M Iskak Ketua KPUD Sidoarjo ketika dihubungi Selasa (8/9/2020).

Iskak enggan menyebutkan siapa. Menurutnya, informasi itu berkaitan dengan privasi seseorang dan tidak layak disampaikan kepada publik. Tapi dia mengakui, pihak KPU juga terkejut saat proses pendaftaran bakal calon bersangkutan.

KPU Sidoarjo memang mengharuskan setiap bakal pasangan calon menyetorkan hasil tes usap pendeteksi Covid-19. Namun, Liaison Officer Bapaslon itu baru menyampaikan hasil tes karena alasan memang baru keluar.

“Hasilnya kemarin itu disampaikan LO paslon bersangkutan saat KPU melakukan verifikasi. Setelah mengetahui itu, kami meminta agar paslon tersebut segera meninggalkan kantor KPU,” katanya.

Saat ini, bakal paslon yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 itu tengah melakukan isolasi mandiri. Iskak tidak menyebutkan yang bersangkutan isolasi di mana dan bagaimana kondisi kesehatannya sekarang.

“Jadi, untuk hari ini bakal calon yang terpapar Covid-19 itu tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan, sampai benar-benar sembuh alias dinyatakan negatif,” katanya.

Mengingat penyebaran Covid-19 yang begitu cepat dan pada saat pendaftaran itu bakal calon yang turut ke KPU dan bertemu banyak orang, KPU Kabupaten Sidoarjo pun segera berkoordinasi dengan Satgas Covid-19.

“Kami akan segera berkordinasi dengan gugus tugas covid-19 daerah, langkahnya seperti apa,” katanya.

Sekadar mengingatkan, ada tiga bakal pasangan calon yang sudah menyerahkan berkas pendaftaran sebagai peserta Pilkada 2020 di KPU Sidoarjo. Salah satunya Bambang Haryo Soekartono-Taufiqulbar yang diusung lima parpol (Gerindra, Golkar, PPP, PKS dan Demokrat).

Sedangkan Bakal Paslon kedua adalah Kelana Aprilianto-Dwi Astutik yang diusung oleh PDI Perjuangan, PAN, dan tujuh parpol non parlemen. Terakhir ada pasangan Achmad Muhdlor Ali-Subandi yang diusung PKB.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs