Minggu, 28 April 2024

5 Tokoh Jadi Panelis Uji Publik Prabowo-Gibran di Universitas Muhammadiyah Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Prabowo optimistis bisa menyelesaikan masalah-masalah besar bangsa Indonesia, seperti kemiskinan dan kekurangan gizi. Foto: Instagram @Prabowo

Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menjadi tuan rumah uji publik Prabowo Subianto Calon Presiden (Capres) dan Gibran Rakabuming Raka Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Jumat (24/11/2023) pukul 09.00-11.00 WIB.

Dalam uji publik tersebut, akan ada lima tokoh yang menjadi panelis. Mereka adalah Prof. Syafiq A Mughni, MA,Ph.D (Bidang Keagamaan dan Hubungan Luar Negeri), Dr.dr. Sukadiono, MM (Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial), Prof. Dr. Nazaruddin Malik, SE.,M.Si (Bidang Ekonomi dan Investasi), Prof. Nurul Barizah, S.H.,LL.M.,Ph.D (Bidang Perempuan Hukum dan HAM), dan Dr. Suko Widodo. Drs.,M.si (Bidang Pendidikan Kebudayaan dan Politik).

Selain itu, uji publik tersebut juga akan dihadiri secara langsung oleh Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Insyaallah semua sudah disiapkan seluruh sarananya, tentu sebagai pimpinan universitas saya berharap semuanya akan berjalan dengan lancar,” ucap Sukadiono Rektor UM Surabaya, pada Selasa (21/11/2023)

Uji publik yang dilakukan di beberapa kampus Muhammadiyah itu, menjadi langkah tegas Muhammadiyah dengan gaya kritis, akademis, berpihak kepada kepentingan umum dan berdasar Islam berkemajuan.

“Dengan uji publik akan memberikan gambaran kepada masyarakat untuk menentukan pilihan, tentu dengan harapan pemilu 2024 berjalan damai tanpa ada perpecahan,” ujarnya.

Apa yang dilakukan Muhammadiyah di tahun politik saat ini, merupakan sebuah komitmen dalam memastikan bahwa calon pemimpin negara memiliki kapasitas yang memadai, integritas yang teruji, dan kualitas kepemimpinan yang tidak hanya diinginkan melainkan juga sesuai dengan kebutuhan untuk mengemban amanah negara atas nama rakyat Indonesia.

“Politik kita harus semakin cerdas, semakin objektif, maka uji publik itu harus dimanfaatkan. Semoga uji publik ini akan membantu masyarakat untuk lebih mudah menganalisis pemimpin yang berintegritas, peduli, dan mampu menjalankan tugas kepemimpinan dengan kebijakan yang berpihak pada kepentingan seluruh masyarakat,” ucapnya.

Seperti diketahui, selain UM Surabaya jadi tempat uji publik Prabowo-Gibran, Muhammadiyah juga melakukan uji publik terhadap Anies Baswedan-Muhaimain Iskandar pasangan calon nomor satu di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan uji publik terhadap Ganjar Pranowo-Mahfuf MD pasangan calon nomor tiga di Universitas Muhammadiyah Jakarta. (ris/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs