Rabu, 28 Februari 2024

Apindo Dukung Ganjar Wujudkan Kepastian dan Penegakan Hukum

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo Capres nomor urut 3 saat berdialog dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta, Senin 11/12/2023). Foto : istimewa

Ratusan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD Capres-Cawapres 2024 nomor urut 3, untuk mewujudkan kepastian dan penegakan hukum.

Hal itu disampaikan para pengusaha dan pengurus Apindo saat Ganjar hadir menjadi pembicara dialog Apindo di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Ganjar menegaskan penegakan dan kepastian hukum adalah kunci sukses pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Kalau hukum tegak, aparat penegak hukum kuat, maka kami yakin ekonomi Indonesia bisa tumbuh sampai 7 persen. Kalau itu terjadi, maka kita benar-benar bisa menjadi negara maju,” ucap Ganjar.

Ganjar menegaskan, kepastian dan penegakan hukum adalah problem utama yang harus dibereskan di Indonesia. Jika problem itu beres, maka separuh persoalan bisa selesai. Investasi akan berdatangan, lapangan pekerjaan terbuka, kesejahteraan masyarakat meningkat dan ekonomi tumbuh pesat.

“Beruntungnya saya didampingi pak Mahfud MD, beliau dikenal sebagai peluru yang tak terkendali. Jadi bisa sat set untuk urusan penegakan dan kepastian hukum ini. Beliau paham betul soal ini dan nanti yang akan mengurusi langsung persoalan ini,” tegasnya.

Setidaknya ada tiga cara yang akan dilakukan Ganjar-Mahfud untuk mewujudkan penegakan dan kepastian hukum di Indonesia. Pertama adalah memperbaiki regulasi dan sistem hukum, kedua memperbaiki dan memperkuat kelembagaan dari aparat penegak hukum.

“Ketiga yang paling penting adalah aktor, siapa pejabat yang duduk di sana. Aktor ini harus kita seleksi dengan baik, harus kredibel dan berintegritas. Dia tidak bisa disogok, anti KKN dan bekerja untuk melayani rakyat,” pungkasnya.

Apa yang disampaikan Ganjar mendapat respon positif dari kalangan pengusaha. Shinta Kamdani Ketua Apindo mengatakan, pihaknya telah menggelar diskusi dengan para pengusaha dan problem paling banyak diutarakan terkait penegakan hukum dan kepastian hukum.

“Untuk itu kami telah menyusun roadmap yang akan kami berikan kepada Pak Ganjar. Memang salah satu problem terbanyak yang dikeluhkan kawan-kawan pengusaha adalah pentingnya kepastian hukum serta perbaikan kelembagaan,” ucap Shinta.

Hal senada disampaikan Gita Wirjawan pengusaha dan mantan Menteri Perdagangan. Ia sepakat dengan Ganjar, kepastian hukum adalah hal terpenting terkait pertumbuhan ekonomi.

“Karena bagaimana bisa kita menarik investasi dari luar, kita menarik modal asing kalau tidak ada kepastian hukum. Maka saya setuju dengan Mas Ganjar, kepastian dan penegakan hukum ini yang paling penting diprioritaskan,” ucapnya.

“Apa yang disampaikan Pak Ganjar sudah sangat tepat, soal penegakan dan kepastian hukum. Kami mendukung Pak Ganjar mewujudkan itu,” timpal Eddy Widjanarko, pengusaha lainnya.

Selain persoalan hukum, beragam persoalan lain juga dibahas dalam kesempatan itu. Terkait potensi ekonomi digital, energi baru terbarukan, UMKM, persoalan upah buruh, pajak dan lain sebagainya.

Ganjar mendengarkan semua masukan dan mencatat apa yang para pengusaha sampaikan.

“Saya senang mendapat masukan ini, apalagi sudah ditulis dalam bentuk rekomendasi. Ini yang saya butuhkan karena langsung dari para pelaku. Mari kita diskusi bersama untuk merumuskan apa yang terbaik untuk bangsa Indonesia,” pungkas Ganjar. (faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs