Kamis, 9 Mei 2024

Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres, Pendukung Anies-Muhaimin Gelar Orasi di Depan Kantor KPU RI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Barisan pendukung bersiap mengantarkan Anies-Muhaimin untuk mendaftarkan diri ke KPU RI, Kamis (19/20/2023). Foto: Farid suarasurabaya.net

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, pagi hari ini, Kamis (19/10/2023), akan mendaftar sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres), di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, ribuan massa pendukung Anies-Muhaimin (AMIN), sudah berkumpul dan menggelar orasi di jalanan depan Gedung KPU RI.

Mereka memakai atribut masing-masing partai politik pendukung, yaitu Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Selain membawa bendera parpol dan poster Anies-Muhaimin, para pendukung pasangan bakal capres-cawapres itu juga ada yang memakai baju daerah.

Sementara itu, para petinggi parpol Koalisi Perubahan berkumpul di halaman dalam Gedung KPU yang sudah disediakan.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, ratusan parat kepolisian bersiaga di area Kantor KPU RI.

Rencananya, pasangan Anies-Muhaimin mendaftar pukul 08.00 WIB.

Sudirman Said Juru Bicara Anies Baswedan mengatakan, prosesi pendaftaran AMIN berkonsep pesta rakyat, dengan adanya pertunjukan berbagai kesenian daerah Indonesia seperti Reog Ponorogo, Tanjidor khas Betawi, dan Barongsai yang dimainkan komunitas Tionghoa.

Sesudah Anies-Muhaimin mendaftar, pukul 11.00 WIB, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang diusung PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Perindo akan mendaftar bakal capres-cawapres.

Seperti diketahui, masa pendaftaran bakal capres-cawapres selama tujuh hari terhitung dari tanggal 19 sampai 25 Oktober 2023, dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Khusus di hari terakhir, KPU menerima pendaftaran sampai pukul 23.59 WIB.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs