Minggu, 16 Juni 2024

Prabowo Sebut Petani Sulit Dapat Pupuk, Ganjar Ingatkan Kelangkaan dan Siapa Ketua HKTI

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ganjar Pranowo Capres nomor urut 3 saat debat perdana Capres di KPU, Selasa (12/12/2023) malam. Foto : istimewa Ganjar Pranowo Capres nomor urut 3 saat debat perdana Capres di KPU, Selasa (12/12/2023) malam. Foto : istimewa

Ganjar Pranowo, Capres nomor urut 3, mengingatkan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto terkait kelangkaan pupuk yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

“Untuk Pak Prabowo, saya harus mengingatkan, Pak; pupuk langka terjadi di Papua, Pak; pupuk langka terjadi di Sumatera Utara, Pak; pupuk langka terjadi di NTT, NTB, Kalimantan Timur, termasuk bensin,” kata Ganjar dalam debat pertama capres di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Ganjar menyinggung hal itu karena Prabowo pernah menjabat sebagai ketua umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) selama dua periode.

“Mungkin, yang Bapak sedikit agak lupa, untuk saya bisa mengingatkan, karena Bapak pernah menjadi ketua (umum) HKTI, Pak,” tambah Ganjar.

Kini, Prabowo merupakan ketua Dewan Pembina Pemuda Tani Indonesia (PTI).

Menurut Ganjar, selama Prabowo menjabat sebagai ketua umum DPN HKTI, data petani di Indonesia tidak pernah beres.

Apabila nantinya data petani dapat dikelola, kata Ganjar, maka distribusi pupuk seharusnya bisa tepat sasaran. Kemudian, kuota pupuk pun tak boleh dibatasi.

Ganjar mengaku dia pernah menghubungi Ma’ruf Amin Wakil Presiden supaya Pemerintah mengalokasikan tambahan pupuk bersubsidi.

“Pak Wapres, tolong, kasih tambahan. Kalau tidak cukup, maka ini terjadi di seluruh Indonesia, dan ini yang harus kami kerjakan nanti,” tegasnya.

Sebelumnya, Prabowo menyebutkan petani dan nelayan masuk dalam kategori kelompok rentan. Dia mengaku pernah mengelilingi Jawa Tengah di mana tempat Ganjar pernah memimpin sebagai gubernur.

Prabowo mendapati para petani sulit mendapatkan pupuk. Tak hanya itu, petani pun mengaku kesulitan mendapatkan Kartu Tani.

“Jadi, sebetulnya mereka ingin pupuk itu pengadaannya disederhanakan. Saya kira, Bapak mungkin bisa menjawab masalah itu, terima kasih,” kata Prabowo.

KPU menyelenggarakan debat pertama capres Pemilu 2024 di Jakarta, Selasa malam, dengan mengangkat tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti oleh tiga pasangan capres-cawapres, yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.(ant/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs