Selasa, 30 April 2024

TPD Ganjar-Mahfud Masih PD Menang di Jatim Meski Khofifah-Pakde Karwo Dukung Paslon 02

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Laksamana Madya (Purn) Agus Setiadji Ketua TPD didampingi Sri Untari Sekretaris TPD Ganjar-Mahfud Jatim waktu ditemui usai rakor di kantor TPD, Selasa (9/1/2024) malam. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jawa Timur tetap percaya diri mendulang kemenangan di Jatim meskipun dua tokoh besar mendukung Prabowo-Gibran pasangan calon nomor urut 2.

Dua tokoh besar yang mendukung paslon nomor urut 2 itu adalah Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim dan Soekarwo (Pakde Karwo) mantan Gubernur Jatim.

Laksamana Madya (Purn) Agus Setiadji Ketua TPD Ganjar-Mahfud Jatim mengutarakan, pihaknya tidak khawatir dengan bergabungnya mantan dan gubernur Jatim di kubu Prabowo-Girban.

Menurut Agus, pilihan masyarakat belum tentu sama dengan pilihan pemimpinnya. Hal seperti itu pernah ia temui waktu terjun ke akar rumput.

“Kami melihat bahwa akar rumput belum tentu sama dengan pemimpinnya. Bayangkan dengan kekuatan yang ada ternyata setelah kita datangi mereka juga bingung,” kata Agus waktu ditemui usai rakor di Kantor TPD Ganjar-Mahfud di Surabaya, Selasa (9/1/2024).

Kepercayaan diri TPD Ganjar-Mahfud itu bukan tanpa alasan, sebab menurut survei internal, elektabilitas paslon nomor urut 3 itu menduduki urutan pertama sebesar 44 persen.

“Sekarang ini 44 persen menang nomor satu, yang nomor 2 di bawah itu bedanya dua atau tiga persen. Ini adalah kondisi real,” imbuhnya.

Agus menyatakan, setiap orang juga memilik hak politik masing-masing. Tidak terkecuali Khofifah dan Pakde Karwo yang mendukung paslon nomor urut 2.

“Jadi artinya garis dengan pemimpin di bawah belum tentu sama dan ada beberapa kantong-kantong yang masih abu-abu dan itu yang akan kita garap,” katanya.

Pensiunan TNI AL itu merasa masih ada tokoh yang bisa memengaruhi suara di Jatim. Contohnya seperti Mahfud MD cawapres nomor urut 3 dan Yenny Wahid dewan penasehat TPN yang juga putri Gus Dur mantan presiden keempat RI.

Meski begitu tim TPD Jatim tetap mewaspadai langkah politik dari paslon lain. Agus menyebut, timnya akan fokus mengisi wilayah di Jatim yang masih abu-abu.

“Jadi apapun pilihan dari gubernur itu hak masing-masing. Tetapi yang kita ambil sekarang dengan kekuatan yang ada di Jatim kita cukup banyak tokoh nasional maupun tokoh daerah,” ujarnya.

Sebagai informasi, Khofifah Gubernur Jatim diprediksi bakal mendung pasangan Prabowo-Gibran setelah mendapat rekomendasi dari empat partai Koalisi Indonesi Maju (KIM) untuk menjadi calon gubernur pada Pilkada 2024.

Empat partai yang sudah menyodorkan dukungan itu adalah Partai Amanatan Nasional (PAN), Gerindra, Demokrat dan Golkar.

“Kebetulan yang sudah mengeluarkan rekomendasi satu, PAN. Secara lisan Pak SBY (Demokrat) juga sudah menyampaikan. Dan hari ini Partai Gerindra. Jadi partai afiliasinya ke 02. Saya rasa kawan-kawan sudah paham kan,” ujar Khofifah, Minggu (10/12/2023).

Sementara itu Pakde Karwo mantan gubernur Jatim pernah diketahui pernah menghadiri konsolidasi relawan Prabowo-Gibran di Empire Place Surabaya, Minggu (10/12/2023).(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs