Minggu, 12 Mei 2024

Besok KPU Tetapkan Pasangan Calon Pilgub Jatim 2018

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi Pilgub Jatim 2018. Grafis: suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim akan menetapkan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yang akan bersaing di Pilgub Jatim 2018 besok, Senin (12/2/2018).

Choirul Anam Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Jawa Timur mengatakan, tidak ada persiapan khusus dalam pelaksanaan Penetapan Pasangan Calon.

“Bakal pasangan calon tidak wajib hadir. Kami hanya mengundang tim pemenangan kedua bakal pasangan calon saja. Tapi kalaupun besok bakal pasangan calon mau hadir, ya tidak dilarang,” kata Anam, Minggu (11/2/2018).

Sebelum menetapkan pasangan calon, KPU Provinsi Jatim akan mengumumkan hasil penelitian berkas perbaikan persyaratan kedua pasangan calon. Rencananya, rangkaian acara ini akan dilakukan pada pagi hari di Kantor KPU Jatim.

Berkaitan hasil perbaikan persyaratan, KPU Jatim telah mengisyaratkan bahwa persyaratan kedua bakal pasangan calon sudah lengkap dan tidak ada kekurangan.

Ini disampaikan oleh Muhammad Arbayanto Divisi Teknis KPU Jatim, beberapa waktu lalu. Selain itu, pria yang akrab dipanggil Arba itu mengatakan, sampai saat ini KPU Jatim tidak membuka perpanjangan pendaftaran bakal paslon.

Sesuai Peraturan KPU RI, pendaftaran pasangan calon akan diperpanjang bila pada masa penelitian berkas perbaikan persyaratan ada calon yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sehingga mengakibatkan hanya ada satu pasangan calon.

Kepada suarasurabaya.net Choirul Anam juga mengatakan, acara yang lebih besar adalah Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Pilgub Jatim 2018 yang sudah ditetapkan, Selasa (13/2/2018) besok.

“Nah kalau ini agak besar. Pasangan calon wajib hadir, karena nanti di acara itu selain mengambil undian nomor urut, pasangan calon juga menandatangani daftar pasangan calon disertai visi dan misi.

Acara Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon ini, kata Anam, rencananya akan digelar di Hotel Mercure, Jalan Raya Darmo Selasa siang.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
33o
Kurs