Sabtu, 4 April 2020

Jelang Pencoblosan, Panwas Jember Waspadai Serangan Fajar

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jember, Jawa Timur, mewaspadai serangan fajar atau politik uang yang dilakukan sejumlah partai politik atau calon legislator menjelang hari-H pencoblosan Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD, Rabu (9/4/2014).

“Sejauh ini kami belum menemukan indikasi adanya serangan fajar yang dilakukan parpol atau caleg, namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa saja terjadi,” kata Dima Akhyar, Ketua Panwaslu Jember, Selasa (8/4/2014).

Menurut dia, pihaknya sudah menginstruksikan Panwaslu Kecamatan hingga Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) untuk melakukan pengawasan secara ketat terhadap indikasi serangan fajar menjelang pemungutan suara.

“Kami akan lebih memaksimalkan pengawasan di sejumlah titik rawan yang sudah diidentifikasi agar serangan fajar tidak terjadi karena tindakan tersebut merupakan pelanggaran yang masuk pidana pemilu,” tuturnya, yang dilansir dari Antara.

Dimas menegaskan bahwa Panwaslu siap siaga selama 24 jam untuk mengantisipasi berbagai kecurangan pemilu dan selalu siap setiap saat untuk menerima laporan dari masyarakat terkait dengan politik uang tersebut karena peran aktif masyarakat juga penting.

“Segera laporkan kalau mengetahui adanya serangan fajar. Namun, kami berharap laporan itu disertai bukti berupa foto atau video sehingga dapat diproses sebagai pidana pemilu,” ujarnya.

Sementara itu, Drs. Joko Susilo, M.Si., pengamat politik Universitas Jember mengatakan bahwa politik uang dan serangan fajar untuk mendapatkan suara terbanyak masih membayangi pemilu di Indonesia, termasuk pada pemilu anggota legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Menurut dia, biasanya modus serangan fajar yang dilakukan tim sukses para calon legislator dengan bergerilya di beberapa lokasi yang tidak terpantau oleh Panwaslu.

Adapun sasarannya, kata dia, adalah orang-orang yang memiliki pendidikan rendah dan hidup di garis kemiskinan. (ant/ain/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Sabtu, 4 April 2020
30o
Kurs