Selasa, 31 Maret 2020

PKB Desak Coblos Ulang Di 3 Kabupaten Jawa Timur

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendesak untuk digelar coblos ulang pemilu legislatif (pileg) 2014 di 3 kabupaten Jawa Timur.

Desakan ini disampaikan Toriqhul Haq Sekretaris PKB Jatim, di sela proses Rekapitulasi Penghitungan suara pileg 2014 yang digelar KPU Jawa Timur di Hotel Oval, Jumat (25/4/2014).

Menurut Toriq, 3 kabupaten yang diminta untuk coblos ulang itu, diantaranya Sampang, Probolinggo, Bangkalan. “Di tiga kabupaten itu, PKB mengidikasikan ada keterlibatan birokrat yang sangat masif, sehingga pileg harus diulang,” ujar Toriq.

Selain itu, ada dugaan penggelembungan suara yang terjadi di 3 kabupaten itu. “Indikasi penggelembungan suara itu bisa dilihat dari jumlah partisipasi pemilih yang rata-rata ada di atas 70 persen. Angka itu tidak wajar, karena rata-rata partisipasi pemilih di Jatim hanya di bawah 65 persen,” tegas Toriq.

Dikatakan Toriq, selain akan mendesak coblos ulang, PKB Jatim juga akan melaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dengan indikasi pelanggaran yang sudah terjadi di 3 kabupaten.

PKB Jatim secara resmi juga akan membuat surat ke Bawaslu Jatim untuk segera menyelidiki dugaan-dugaan pelanggaran yang ditemukan tim pemenangan PKB di beberapa daerah di Jawa Timur.

Sementara Sufiyanto Ketua Bawaslu Jatim masih belum bisa memberikan komentar dengan desakan coblos ulang yang disampaikan PKB karena sampai sekarang masih mengikuti proses rekapitulasi pileg KPU Jatim. (tas)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Penyemprotan Disinfektan di A.Yani

Truk Terguling di Karang Pilang

Biasanya Berjubel, Kini Sunyi

Surabaya
Selasa, 31 Maret 2020
27o
Kurs