Sabtu, 18 Mei 2024

Berikut Hal Yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Pelecehan Seksual

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Via Vallen. Foto: brilio.net

Diantara korban pelecehan seksual, penyanyi Via Vallen adalah salah satu yang berani membuka diri pada publik.

Pelantun ‘Sayang’ itu bahkan mengunggah hasil tangkapan layar pesan seseorang yang dia terima di Instagram pada, Selasa (4/6/2018). Pesan itu berbunyi I want u sign for me in my bedroom.

Terlepas tepat atau tidaknya tindakan Via ini, Diena Haryana Praktisi yang salah satunya berfokus pada masalah kekerasan seksual dari SEJIWA mengatakan, bahwa kasus seperti ini lebih baik jika dilaporkan ke Komnas Perempuan.

“Sebaiknya dilaporkan ke Komnas Perempuan dulu,” ujarnya saat dihubungi Antara, Kamis (7/6/2018).

Namun, untuk kasus Via yang justru mempublikasikan kasus yang dia alami, Diena memandang hal ini sebagai cara Via menyembuhkan traumanya. Walau tidak semua perempuan sebenarnya bersedia masalahnya diketahui orang lain.

“Kalau dia mau sendiri seperti itu, bisa jadi itu langkah penyembuhan bagi dirinya. Tetapi tidak semua perempuan punya approach yang sama. Ada yang tidak mau siapapun tahu,” tutur dia.

Menurut dia, biasanya para perempuan yang menjadi korban pelecehan akan fokus dulu memulihkan diri, atau bahkan tidak berpikir apapun dulu soal pelaku.

“Biasanya fokus pada penyembuhan diri dulu. Kalau dia berpikir soal pelaku, maka yang ada adalah ingin marah dan balas dendam,” kata Diena.

Menceritakan pengalaman kepada orang yang dia percaya juga bisa menjadi bagian dari pemulihan sekaligus membantu menyelamatkan perempuan lain agar tak mengalami hal serupa.(ant/tna/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs