Kamis, 28 Maret 2024

Kenali Masalah Kulit di Usia 50 Tahunan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Google Images

Seiring bertambahnya usia, ada risiko terjadi berbagai masalah pada kulit dan satu yang paling tampak, penuaan.

“Kerut, kusam, kering. Di atas 40-50 tahun tambah terus. Kelainan sudah jelas dan terkadang mengganggu secara fungsi,” ujar dr Susie Rendra, SpKK dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Pondok Indah-Puri Indah, di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Kulit kering bisa muncul karena sejumlah penyebab seperti kebiasaan mandi air panas, salah memilih sabun dan hal lainnya. Sebaiknya, gunakan losion atau moisturizer segera setelah mandi agar lebih terserap kulit dan meminimalkan rasa lengket.

Masalah kulit lainnya, infeksi jamur Candida. Jamur ini tinggal menetap pada kulit dan akan berkembang saat daya tahan tubuh turun.

“Di lipatan-lipatan kulit, kulit lembap, jamur ini bisa berkembang. Lakukan pengobatan jamur dan lihat faktor risiko. Kalau diabetes, diabetesnya harus terkontrol,” kata Susie dilansir Antara.

Infeksi jamur pada organ intim sekitar 50 persen terjadi saat kadar gula darah seseorang tinggi.

Selain jamur, infeksi virus varicella zoster yang menyebabkan Herpes Zoster juga rentan terjadi pada mereka yang lansia. Salah satu pemicunya, daya taham tubuh mulai berkurang.

Masalah kulit lainnya, munculnya tumor jinak atau daging kecil yang tumbuh di kulit leher, ketiak dan daerah lipatan kulit seperti selangkangan. Terkadang kondisi ini tak menganggu aktivitas sehingga bisa dibiarkan dan tidak terkait penyakit tertentu.

Ada juga risiko terkena tumor ganas seperti melanoma dan basal cell carsinoma (BCC) yang lebih sering terjadi pada orang Asia.

“BCC bentuknya tahi lalat tetapi ada luka di tengahnya. Terutama pda org yg sering berjemur pada usia muda. Makin besar tahi lalat, berdarah, sering gatal,” kata Susie.

Diagnosa berbagai masalah kulit pada lansia bisa dimulai dari penglihatan, pemeriksaan laboratorium, dermoskopi untuk melihat ada atau tidaknya kanker kulit hingga biopsi.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs