Jumat, 29 Maret 2024

Cara Mudah Agar Tetap Sehat dan Bugar Selama Ramadan

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi puasa

Merasa tubuh menjadi lebih lelah selama Ramadan adalah hal yang wajar, karena tubuh sedang beradaptasi setelah berpuasa seharian. Namun hal ini dapat diatasi, sehingga tidak Anda tidak akan merasa lelah terus menerus.

Dilansir Antara, Selasa (28/4/2020), Lulwa Alarmali Ahli nutrisi bersertifikat dari Dubai Gym Embody Fitness, memberikan tips pola makan sehat dan seimbang, yang dapat membantu tubuh supaya tetap bugar dan sehat selama menjalani puasa Ramadhan.

1. Tetap terhidrasi
Alarmali menyarankan jangan minum seluruh asupan air dalam sehari pada jam terakhir di saat sahur. Namun usahakanlah minum air sebanyak 200 hingga 500 ml air tiap jam, selama Anda tidak sedang berpuasa.

“Tubuh akan terkejut bila Anda tiba-tiba mengkonsumsi banyak air dalam satu waktu,” ujar Alarmali.

2. Hindari gula berlebih
Hindari konsumsi gula berlebih atau konsumsi karbohidrat sederhana dalam jumlah besar. Contoh karbohidrat senderhana adalah nasi, roti, pastri, soda dan jus buah kemasan.

“Konsumsi gula atau karbohidrat berlebihan dapat memicu meningkatnya produksi insulin. Hal ini memicu tubuh untuk menginginkan asupan gula lebih banyak lagi,” kata Alarmali.

Untuk mengatur kadar gula dalam tubuh supaya tetap stabil dan mengurangi keinginan konsumsi makanan manis, cobalah untuk mengkonsumsi lebih banyak protein dan lemak sehat.

3. Kekuatan protein
Jika Anda kerap berolahraga sebelum berbuka puasa, maka Anda harus melengkapi hidangan berbuka dengan protein yang mudah dicerna dan tentu saja karbohidrat.

“Protein whey adalah pilihan yang bagus untuk berbuka puasa, sebelum memulai makanan utama. Namun bila Anda laktosa intoleran, cobalah untuk konsumsi minuman asam amino esensial,” ujar Alarmali.

4. Tetap berolahraga
Waktu terbaik untuk berolahraga selama bulan Ramadhan adalah pagi-pagi sekali segera setelah sahur, atau sebelum berbuka puasa. Selain itu Anda juga bisa berolahraga 1 atau 2 jam setelah berbuka puasa

“Hal ini memungkinkan tubuh Anda untuk menggunakan sumber bahan bakar eksternal daripada memecah otot dan protein tanpa kemampuan untuk pulih,” kata Alarmali.

5. Perbanyak serat
Mengkonsumsi makanan berserat tinggi sebagai makanan sahur, sangat penting untuk mencegah rasa kelaparan selama berpuasa.

“Serat membuat perut kenyang lebih lama dan tidak menghasilkan lonjakan insulin, menghilangkan gula atau membuat Anda ingin mengkonsumsi karbohidrat,” kata Alarmali. (ant/ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs