Rabu, 1 Februari 2023

D’Bawon Pijakan Awal Kemakmuran Desa Banyuurip Gresik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penyerahan hadian kepada pemenang lomba bakiak panjang saat festival dolanan di D Bawon Desa Banyuurip Kedamean Gresik, Sabtu (8/10/2022). Foto: Istimewa

Sumber Karya Makmur, badan usaha milik Desa Banyuurip, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur menyelenggarakan serangkaian acara pada 2-9 Oktober 2022 untuk memperkenalkan salah satu anak usahanya, D’Bawon.

Kegiatan yang dimaksud yaitu lomba mewarnai yang diselenggarakan Minggu (2/10/2022) hingga sholawatan musik perkusi, festival dolanan, dan senam aerobik pada 7-9 Oktober 2022. Bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi, juga ada pasar malam yang menyediakan berbagai macam kuliner kuno-kini yang dapat dinikmati para pengunjung.

Muhammad Nasrul Waton Ketua Bumdes Sumber Karya Makmur mengatakan, D’Bawon merupakan singkatan dari “Ditoto Bareng Mawon” (Ditata bersama saja).

Menurut Nasrul, kegiatan ini telah direncanakan sejak bulan Juni dengan bertujuan untuk menjadi pijakan awal menyambut kemakmuran desa.

“Minggu lalu lomba mewarnai anak PAUD se-Banyuurip. Hari ini festival dolanan. Kalau besok, ada senam aerobik untuk ibu-ibu,” ujarnya saat ditemui suarasurabaya.net pada Sabtu (8/10/2022) pagi.

Sejumlah permainan tradisional mulai dari Damparan, Bakiak Panjang, hingga Uncal Sarung memeriahkan kegiatan hari ini, diikuti oleh sekitar 200 peserta dari berbagai sekolah tingkat dasar di Desa Banyuurip.

Sebelumnya, beberapa sekolah datang untuk wisata edukasi mengingat Desa Banyuurip memiliki sentra tanaman hias.

“Selain itu, kita juga menggalakan Lab Ekonomi Kreatif karena masih banyak kearifan lokal yang belum ada wadahnya,” tambahnya.

Ia menyampaikan bahwa kendala yang dihadapi adalah menyamakan persepsi mengenai visi dan misi.

“Intinya D’Bawon ingin memberi wadah kreativitas yang ada di desa dan secara tidak langsung akan menumbuhkan ekonomi desa,” ujarnya.

Ketua Bumdes Sumber Karya Makmur itu juga menyampaikan bahwa ke depannya akan ada program mingguan dan bulanan sebagai wadah kreativitas dengan menyediakan panggung yang dapat dimanfaatkan oleh siswa maupun komunitas.

Dengan kegiatan ini, banyak harapan yang disemogakan untuk anak-anak di desa yang merupakan penerus generasi agar memiliki kegembiraan yang luar biasa, sehingga dapat mengasah imajinasi bangga menjadi Indonesia dari desa.(red/iss)

Berita Terkait