Kamis, 30 Juni 2022

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Tempat Penitipan Hewan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi hewan peliharaan. Foto: Pixabay

Nimas Ayu Pertiwi, dokter hewan sekaligus pemilik Pradika Rabbit Pet Shop, Vet & Care membagikan tips untuk memilih tempat penitipan hewan kesayangan saat ditinggal mudik lebaran.

“Untuk rekomendasi memilih tempat, yang pertama harus diperhatikan adalah tempat tersebut memperhatikan unsur kesehatan hewan. Jadi kalau pertama datang harus hewan harus dipastikan sehat terlebih dahulu dan dipastikan sudah divaksin apa belum,” katanya kepada Radio Suara Surabaya, Minggu (24/4/2022).

Kata Nimas penitipan hewan yang bagus akan menyediakan tempat khusus apabila hewan peliharaan sedang sakit.

Misalnya hewan peliharaan sedang flu, tempat penitipan hewan yang bagus pasti menyediakan ruangan opname yang dipantau oleh dokter hewan secara langsung.

Saat ingin menitipkan hewan, kata Nimas apabila hewan peliharaan memiliki makanan khusus saat di rumah. Maka saat di tempat penitipan juga sebaiknya dibawakan makanan yang sama terlebih dahulu.

“Ini untuk upaya adaptasi hewan terlebih dahulu saat ditempat baru, supaya nanti menghindari hewan tidak mau makan di tempat penitipan,” katanya.

Selain makanan, riwayat penyakit terhadap hewan juga perlu diperhatikan dari pemilik. Supaya ditempat penitipan diberikan treatment yang sama seperti yang pemilik lakukan.

“Biasanya kucing yang sudah tua itu punya diabetes, nah itu perlu kita perhatikan juga dan harus kita sampaikan kepada pihak penitipan supaya diberi treatment yang sama,” imbuhnya.

Sama halnya dengan manusia, hewan juga memiliki kebiasaan adaptasi apabila berada di lingkungan yang baru.

Kata Nimas, biasanya hewan akan memperhatikan lingkungan sekitarnya terlebih dahulu sebelum banyak melakukan aktifitas normalnya.

Bahkan menurut penuturan Nimas ada hewan yang baru bisa makan di tempat penitipan di hari ke dua. Baik hewan anjing, kucing, maupun kelinci.

Pemilik pet shop yang sekaligus dokter hewan itu mengatakan bahwa hewan adalah makhluk yang lebih peka daripada manusia sehingga hewan bisa mengetahui ketelusuan seseorang dari cara merawatnya.

“Hewan ini kan sangat peka jadi saat dititipkan, sang perawat harus benar-benar merawatnya dengan penuh kasih. jadi kalau memilih tempat harus tahu track record perawatannya,” tuturnya.

Kemudian pilih tempat penitipan yang sekalian bisa memandikan hewan, sehingga saat pulang mudik dan bertemu pemiliknya hewan sudah bersih dan wangi.

Kata Nimas, kebersihan bagi hewan tidak hanya penting kesehatan namun juga penting untuk menumbuhkan nafsu makan.

“Selain kebersihan, hewan juga lebih suka udara yang segar dan dingin. Jadi pilih tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bersih dan ber AC,” katanya.

Yang terakhir, pemilik harus memilih tempat penitipan yang bisa melaporkan setiap aktifitas dan perkembangan hewan.

“Kalau di tempat kami namanya report, jadi setiap aktifiktas dan treatment selalu dilaporkan kepada pemiliknya,” jelasnya.(wld/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Kamis, 30 Juni 2022
31o
Kurs